Pengembangan Pariwisata dan UMKM di Purwakarta Berbuah Penghargaan Natamukti

Jum'at, 20 November 2020 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Penghargaan Natamukti 2020 sendiri dibagi kedalam tiga kategori. Yakni, kategori Natamukti, Natamukti Nindya dan Natamukti Ganapravara. Untuk Natamukti, itu merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota yang dianggap berhasil mendorong peningkatan kualitas produk lokal UKM di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk Natamukti Ganapravara, itu bagi daerah yang bisa mempertahankan peringkat Natamukti Nindya. Saya berharap para pelaku UKM bisa survive dan bertahan, untuk bisa berinovasi dan mengeluarkan inovasi agar keluar dari permasalahan ini. Pemerintah daerah juga didorong untuk membantu para pelaku usaha agar bisa bertahan ditengah pandemi," jelasnya.

Dengan penghargaan tersebut, Bupati Purwakarta Ambu Anne merasa bangga. Kedepan, pihaknya menargetkan akan terus berupaya mendorong supaya sektor UMKM di wilayahnya terus berkembang. "Alhamdulillah, pemerintah kabupaten Purwakarta mendapatkan penghargaan Natamukti untuk yang ketiga kalinya. Penghargaan ini menjadi cambuk bagi pemerintah daerah untuk terus mendorong, memotivasi dan mengintervensi bagi kemajuan para pelaku UKM di Kabupaten Purwakarta," ujar Ambu Anne.

Apalagi sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang. Atas dasar itu, pihaknya pun optimistis sektor UMKM ini akan terus berkembang di masa mendatang. Imbas dari pandemi Covid-19 dirinya melihat masih banyaknya PR yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Mengingat, ketidak berimbangan pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayahnya yang juga mengalami penurunan.

"Banyak PR di masa Pandemi Covid-19 ini bagaimana kita tertekan, karena sebelumnya pemasaran produk-produk UKM berimbang dengan para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Purwakarta. Tetapi saat ini wisatawan yang datang ke Purwakarta berkurang, ini berdampak terhadap UMKM di Purwakarta," jelasnya.

Ia menargetkan, ditahun depan pemasaran produk-produk UMKM di Purwakarta akan kembali meningkat. "Insyaallah kita akan terus mendorong, saya berharap di tahun 2021 rating penjualan produk UMKM semakin meningkat lagi," demikian Ambu Anne. ADV
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)