HD Ikuti Pengumuman Pemenang Kepala Daerah Inovatif 2020 se-Sumatera Selatan

Kamis, 19 November 2020 - 13:01 WIB
loading...
HD Ikuti Pengumuman Pemenang Kepala Daerah Inovatif 2020 se-Sumatera Selatan
Gubernur HD hadiri pengumuman pemenang piala Mendagri Kepala Daerah Inovatif 2020 yang diselenggarakan oleh Sumatera Ekpress secara virtual dari Sumsel Command Center, Rabu (18/11/2020).
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (HD) menghadiri pengumuman pemenang piala Mendagri Kepala Daerah Inovatif tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Sumatera Ekpress secara virtual dari Sumsel Command Center, Rabu (18/11/2020).

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang hadir secara virtual. Dalam sambutannya Tito mengatakan bahwa otonomi daerah merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk memberikan ruang kepada kepala daerah untuk mengambil kebijakan membangun daerah sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

"Tentunya hal ini berkaitan dengan acara yang kita laksanakan hari ini yaitu memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang telah berinovasi dalam membangun daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Menurut Tito, seorang pemimpin harus memiliki kekuatan, pengikut dan konsep agar dapat berinovasi terhadap wilayahnya masing-masing dalam menyejahterakan masyarakat dan tentunya meningkatkan PAD Daerah dengan potensi yang dimiliki.

Berkaitan hal tersebut Tito menambahkan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) saja tidak cukup, Kepala Daerah harus dapat mengoptimalkan SDA yang ada dan dilakukan dengan komitmen yang tinggi dari seluruh Kepala Daerah agar dapat mensejahterakan masyarakat didaerah masing-masing dan menyerap SDM yang ada sekaligus mengurangi tindak kriminal yang sering terjadi pada masyarakat tersebut.

Menutup sambutannya Tito menyampaikan semoga acara penghargaan yang dilaksanakan oleh Sumeks hari ini dapat menjadi pemacu bagi kepala daerah lain yang belum mendapatkan penghargaan agar lebih bersemangat untuk berinovasi kedepannya.

Pada kesempatan yang sama HD mengucapkan terimakasih kepada Mendagri RI, Tito Karnavian dan General Manager Sumatera Ekspress, Nurseri Marwah karena telah mengadakan acara hari ini.

Pada sambutannya HD menyampaikan bahwa penilaian terhadap pemenang dilakukan secara objektif oleh Tim penilaian yang sangat independent.

HD juga berharap semoga Inovasi Kepala Daerah di wilayah Sumsel yang berdampak baik kepada masyarakat dapat ditiru dan diterapkan secara nasional pada wilayah - wilayah Indonesia lainnya.

Ditambahkannya bahwa acara penghargaan seperti ini harus diadakan secara berkesinambungan agar dapat memicu para kepala daerah untuk berinovasi lebih baik lagi.

Mengakhiri sambutannya HD meminta kepada Tito untuk dapat memberikan sebuah insentif kepada pemenang sebagai bentuk penghargaan dan ini juga dapat memberikan semangat bagi pemenang dan juga kepala daerah lainnya untuk tetap fokus berinovasi dalam membangun daerah.

Adapun peraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Tahun 2020 di antaranya Juara pertama diraih oleh Wali Kota Palembang Harno Joyo dengan program unggulannya, yaitu Safari Shalat Subuh dan Gotong Royong; Juara kedua diraih oleh Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan yang berhasil mengubah daerah tertinggal menjadi daerah inovatif; Juara ketiga diraih oleh Plt. Bupati Muara Enim Juarsah, dengan inovasi program Bunga Desa dan Pemenang kategori terkomitmen dan paparan terbaik diraih oleh Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0847 seconds (0.1#10.140)