2.163 Pengawas TPS Pekalongan Siap Awasi Proses Pemilihan Bupati

Selasa, 17 November 2020 - 01:00 WIB
loading...
2.163 Pengawas TPS Pekalongan Siap Awasi Proses Pemilihan Bupati
ilustrasi
A A A
PEKALONGAN - Sebanyak 2.163 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kab Pekalongan dilantik dan diambil sumpahnya secara serempak oleh Panwaslu Kecamatan (Panwascam). Pelantikan yang dilaksanakan pada 14 - 16 November 2020 di masing-masing kecamatan tersebut, berjalan dengan protokol kesehatan.

Kordiv. OSDM Bawaslu Kab. Pekalongan, Nur Anis Kurlia menjelaskan. Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap pengawas TPS ini dilakukan secara serentak, karena pengawas TPS dibentuk selambat-lambatnya 23 hari sebelum pelaksaan pemungutan suara.

"Sesuai undang-undang pemilu no 7 tahun 2017, masa kerja pengawas tps (ptps) ini sebulan penuh sejak persiapan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara," jelas Anis. (Baca juga: Status Siaga, Merapi Keluarkan 11 Kali Guguran Lava Pijar dan Suara Gemuruh )

Dikatakan, tugas pengawas tps ini ada lima, yaitu pengawasan persiapan pemungutan suara, pengawasan pemungutan suara, pengawasan persiapan perhitungan suara, pengawasan rekapitulasi suara di TPS, dan pengawasan hasil rekapitulasi pemngutan suara ditingkat tps.

Lebih lanjut, anis mengucapkan selamat kepada para pengawas TPS yang dilantik dan diambil sumpah untuk bertugas di 285 desa dan kelurahan se-kabupaten pekalongan.

"Kami berharap para pengawas tps yang sudah melewati tahapan pendaftaran dan seleksi begitu pajang dapat melaksanakan tugas pengawasan dengan baik dan menjaga integritas, profesionalisme dan marwah lembaga demi terwujudnya pilkada yang berkualitas dan dipercaya," terangnya.(Baca juga: Ujicoba Selesai, Malioboro Mulai Resmi Ditutup 3 Jam Tiap Hari )

"Keberadaan PTPS merupakan instrumen penting yang akan menentukan kualitas proses pemungutan suara dan perhitungan suara dalam pilkada 2020 disaat situasi pandemi covid-19 seperti ini," ujar Anis.

Sehingga untuk menunjang tugas pengawasan yang semakin berat, karena harus mengawasi tahapan berjalan juga mengawasi berjalanya protokol kesehatan dalam pemilu. Ptps dibekali alat pelindung diri (APD) seperti masker, handsenitazer, saku tangan serta vitamin untuk menjaga imunitas tubuh tetap baik.

Adapun 2.163 pengawas TPS yang tersebar di 19 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan tersebut secara rinci bertugas di Kec. Kadangserang sebanyak 87 PTPS, Kec. Paninggaran 92 PTPS, Kec. Lebakbarang 33 PTPS, Kec. Karanganyar 106 PTPS, Kec. Doro 95 PTPS, Kec. Kajen 161 PTPS.

Kec. Kesesi 168 PTPS, Kec. Sragi 145 PTPS, Kec. Siwalan 95 PTPS, Kec. Bojong 177 PTPS, Kec. Wonopringgo 106 PTPS, Kec. Kedungwuni 220 PTPS, Kec. Karangdadap 76 PTPS, Kec. Buaran 93 PTPS, Kec. Wonokerto 98 PTPS, Kec. Tirto 173 PTPS, Kec. Petungkriyono 37 PTPS, Kec. Talun 73 PTPS dan Kec. Wiradesa 173 PTPS.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)