Pilbup Bandung Tinggal Menghitung Hari, KPU Mulai Sortir Surat Suara

Jum'at, 13 November 2020 - 20:02 WIB
loading...
Pilbup Bandung Tinggal Menghitung Hari, KPU Mulai Sortir Surat Suara
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Ajang Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Bandung yang akan digelar 9 Desember 2020 tinggal menghitung hari.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pun terus merampungkan persiapan demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan itu.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, pihaknya telah menerima 2.420.699 surat suara yang akan digunakan calon pemilih dalam menyalurkan hak politiknya di Pilbup Bandung.

Menurutnya, jumlah surat suara tersebut termasuk 2,5 persen lembar surat suara plus daftar pemilih tetap (DPT) per tempat pemilihan suara (TPS) dan 2.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang. "Surat suara tersebut akan mulai kita sortir Minggu (15/11/2020) besok," ujar Agus, Jumat (13/11/2020).

Agus melanjutkan, pihaknya akan melibatkan sekitar 400 warga sekitar gudang untuk menyortir jutaan lembar surat suara tersebut.

Penyortiran dilakukan untuk memastikan surat suara yang akan disebar ke seluruh TPS di Kabupaten Bandung. (Baca juga: Transaksi Gaya Baru Narkoba dengan Sistem Tempel Digagalkan Satnarkoba Polresta Tasikmalaya Dibantu Warga)

"Penyortiran sekaligus pelipatan surat suara. Kemudian, surat suara itu akan diikat, satu ikat 25 surat suara sebelum dimasukan ke dalam sampul surat suara," jelasnya.

Pihaknya kini sedang menunggu datangnya logistik Pilbup Bandung lainnya, seperti daftar pasangan calon, formulir, buku panduan, segel, sampul, termasuk alat pelindung diri (APD).

Disinggung soal keamanan, Agus memastikan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dan bekerja sama degan Polresta Bandung dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung. (Baca juga: Jabar Serahkan Kebijakan Sekolah Tatap Muka pada Pemerintah Kabupaten/Kota)

"Khusus untuk surat suara, ada penjagaan lebih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kita juga berkoordinasi dengan Damkar untuk mengantisipasi kebakaran, termasuk memastikan gudang surat suara tidak bocor, agar surat suara terhindar dari air," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)