Program Kampung Sehat NTB Turut Memberi Stimulus Ekonomi dan Kesehatan

Senin, 09 November 2020 - 21:57 WIB
loading...
Program Kampung Sehat NTB Turut Memberi Stimulus Ekonomi dan Kesehatan
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengapresiasi program Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB) yang digagas Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal. Foto/Ist
A A A
MATARAM - Kepala Baharkam (Kabarhakam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengapresiasi program Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB) yang digagas oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Menurut Kabaharkam, program tersebut turut memberikan stimulus terhadap pertumbuhan ekonomi dan penanganan COVID-19 secara signifikan di NTB. Lomba ini sendiri menciptakan nuansa gotong royong dan tanggung jawab kepada warga di tingkat desa untuk berkontribusi serta peduli terhadap kemandirian pangan dan penanganan COVID-19. (Baca juga: Berjarak 3 Km dari Puncak Merapi, Ratusan Warga Tlogolele Boyolali Mengungsi)

"Ini luar biasa, ini akan terus dipertahankan," kata Agus usai mengikuti babak akhir penyelenggaraan lomba tersebut di NTB, Senin (9/11/2020). Dia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di NTB, Gubernur, Danrem, Kapolda dan seluruh Bupati, Wali Kota, beserta Kapolres dan Dandim sampai jajaran ke bawah, camat, kapolsek, danramil, lurah, bhabinkamtibmas dan babinsa. (Baca juga: 4 Hari Terakhir, Gemuruh dan Batu Longsor Puncak Merapi Terdengar di Tlogolele)

"Yang semua sudah bahu membahu menindaklanjuti arah kebijakan Panglima TNI dan Kapolri untuk mewujudkan Kampung Sehat ini sebagai pengembangan dari Progam Kampung Tangguh Nusantara," ujarnya.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu menjelaskan, saat ini masyarakat harus berdampingan dengan COVID-19 sampai vaksin antivirus Corona ditemukan. Oleh karena itu, Agus meminta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di NTB terus mengajak masyarakat untuk mematuhi dan disiplin dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Kemudian jaga pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, kemudian memperkuat imunitas tubuh supaya bisa melawan virus itu. Mudah-mudahan dengan segala upaya dari pemerintah dan dukungan TNI-Polri bisa memberikan solusi untuk gas remnya," kata Agus.

Selain itu, dia mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 ini juga tidak hanya menyasar pada aspek kesehatan masyarakat. Aspek ekonomi, lanjut dia, juga terdampak cukup signifikan dibanding masa normal sebelum pandemi.

Sedangkan di NTB terdapat pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang salah satunya membangun sirkuit berskala internasional untuk penyelenggaraan MotoGP. Agus mengharapkan Kapolda NTB mengawal program tersebut dan meminta masyarakat bekerja sama untuk mewujudkan destinasi wisata yang diproyeksikan terbaik di Indonesia.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan bahwa upaya penanganan COVID-19 ini merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat di NTB. Iqbal mengaku banyak belajar tentang rasa kebersamaan, kepedulian dan gotong royong di NTB, yang sudah terpupuk dengan baik dari sosok Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Danrem 162 Wirabakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, hingga seluruh lapisan masyarakat ke bawah.

Selain itu, Iqbal juga menilai peran pemuka agama, tokoh masyarakat, dan kaum pemuda, banyak membantu dalam menyosialisasikan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Dalam pandemi COVID-19 ini, hanya rasa kemanusiaanlah yang bisa menang. Saling peduli, saling membantu, dan saling bahu membahu merupakan kunci agar kita bisa selamat dari pandemi ini. Saya menilai masyarakat NTB sudah punya modal itu, dan saya optimistis, kita bersama-sama bisa melewati ujian dari Allah SWT ini," kata dia.

Eks Kadiv Humas Polri itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat NTB atas kontribusinya menyukseskan Lomba Kampung Sehat ini. Iqbal menyadari tanpa bantuan Gubernur NTB, Danrem Wirabakti, jajaran Polda NTB, dan lapisan masyarakat lainnya, maka acara ini tidak bisa sukses.

"Keberhasilan Kampung Sehat ini adalah keberhasilan milik masyarakat NTB. Saya sampaikan terima kasih. Saya berharap kegiatan ini meski sampai pada puncak acara hari ini, tetapi semangatnya terus hidup bersama kita," tutur Iqbal.

Kampung Sehat NTB diluncurkan oleh Kapolda bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Danrem 162 Wirabakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani pada Juni 2020 yang lalu. Polda NTB sebagai inisiator lomba ini mengharapkan Kampung Sehat bisa meningkatkan partisipasi masyarakat agar bergotong royong dalam segi kesehatan melawan COVID-19 dan mandiri secara ekonomi. Dalam lomba ini, sebanyak 1.136 desa dan kelurahan terlibat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)