6 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 03 November 2020 - 21:00 WIB
loading...
6 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur yang Perlu Kamu Ketahui
Membaca sebelum tidur memberikan banyak manfaat lebih. Foto: iNews.
A A A
MAKASSAR - Setelah seharian bergelut dengan pekerjaan membuat tubuh dan pikiran lelah sehingga membutuhkan aktivitas yang lebih ringan dan santai sesaat sebelum tidur. Salah satu aktivitas yang bisa menjadi pilihan adalah membaca . Membaca sebelum tidur memberikan banyak manfaat lebih, berikut ini enam diantaranya.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Karena seharian terbebani dengan pekerjaan kadang membuat kualitas tidur seseorang menurun. Sebuah studi menyebutkan bahwa membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih baik.

2. Mengurangi Tingkat Stress
Peneliti dari University of Sussex melakukan penelitian untuk melihat apakah tingkat stres bisa dipengaruhi oleh membaca, terutama sebelum tidur. Hasilnya, membaca enam menit saja bisa mengurangi tingkat stres hingga 68 persen! Diyakini bahwa karena kita fokus sepenuhnya pada plot buku yang kita baca, kita melepaskan masalah dunia nyata.

3. Membuatmu Lebih Kreatif
Menurut penelitian, membaca sebelum tidur akan membuat Anda lebih kreatif dan bersemangat tentang proyek Anda. Bukan kebetulan bahwa mayoritas eksekutif, investor, dan pemimpin di area mana pun meluangkan waktu untuk membaca sebelum tidur. Ini membantu mereka tidak hanya bersantai dari hari sibuk yang mereka alami, tetapi juga melatih kreativitas mereka dan memberi mereka ide-ide baru atau pendekatan karir.



4. Memicu Tidur yang Efektif
Sama seperti percobaan Ahli Fisiologi Rusia Ivan Pavlov terhadap anjing, menciptakan kebiasaan membaca sebelum tidur bisa menjadi sebuah kebiasaan yang efektif untuk memicu tidur. Dengan cara ini, Anda mengembangkan hubungan virtual antara membaca dan tidur. Karena ini akan menjadi sinyal bagi otak bahwa inilah waktunya untuk tidur.

5. Meningkatkan Konsentrasi
Dengan semua teknologi baru dan rutinitas harian yang sibuk, kita mulai kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi. Kita terus berusaha menjadi multitasking, tapi pendekatan ini tidak selalu berhasil. Alih-alih membantu kita menyelesaikan semua tugas, kita sering kali berakhir dengan hampir tidak ada pekerjaan yang diselesaikan. Di sisi lain, membaca dapat membantu dalam situasi yang menyedihkan seperti ini. Ini akan memaksa kita untuk memproses informasi tanpa alat bantu visual yang disediakan smartphone dan komputer. Dengan demikian kita akan melatih otak kita untuk berkonsentrasi dan membangun kembali imajinasi dan kreativitas kita.

6. Memberikan Pengaruh Positif Pada Mimpi
Mimpi kita adalah produk dari pikiran yang kita miliki sebelum tidur. Jika kita mengalami masalah di siang hari atau ada hal lain yang membuat kita khawatir, kita mungkin saja mengalami mimpi buruk. Sebaliknya, buku yang tepat sebelum tidur akan membuat kita berkonsentrasi pada plot yang menyenangkan dan menenangkan pikiran. Setelah itu, kita mungkin saja bermimpi tentang karakter favorit atau tentang hal menarik lainnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)