Koalisi Gemuk Tak Beri Efek Bagi Elektabilitas Machfud-Mujiaman

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 20:59 WIB
loading...
Koalisi Gemuk Tak Beri Efek Bagi Elektabilitas Machfud-Mujiaman
Gemuknya dukungan partai politik terhadap Machfud Arifin-Mujiaman dinilai tidak efektif memberikan insentif elektoral kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 2 tersebut. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gemuknya dukungan partai politik terhadap Machfud Arifin-Mujiaman dinilai tidak efektif memberikan insentif elektoral kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut 2 tersebut.

Hal itu terbukti dalam tiga survei mengukur elektabilitas peserta Pilkada Surabaya 2020 yang ketiganya mengunggulkan jago yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) Eri Cahyadi-Armuji.

Yang terbaru adalah hasil survei yang dirilis lembaga survei independen Populi Center yang menyebut elektabilitas Eri Cahyadi dan Armuji memperoleh 41,0 persen, mengungguli pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno dengan persentase 37,7 persen.

Peneliti Populi Center, Jefri Adriansyah mengatakan, angka yang diperoleh paslon nomor 1 Eri-Armuji sangat meyakinkan dibandingkan lawannya Machfud Arifin-Mujiaman. Karena kemunculan paslon Eri-Armudji sangat pendek dibanding Machfud Arifin-Mujiaman yang muncul jauh-jauh hari.

"Saya cukup kaget karena suara Eri-Armuji bisa mengimbangi Pak Machfud yang sejak Januari sudah melakukan laras maju Pilkada Surabaya. Banyaknya partai yang mengusung Pak Machfud tidak memberikan efek yang signifikan," kata Jefri, Jumat (30/10/2020).

Tingginya pemilih yang terpikat dengan Eri-Armuji, kata Jefri, karena masyarakat sangat ingin memilih calon yang berlatar belakang birokrat yang mencapai 21,2 persen. Lalu disusul akademisi 13,2 persen san politisi 12,8 persen. (Baca: Sedih, Peternak Blitar Ini Lihat Lihat 6.000 Ayamnya Mati Terpanggang).

"Jika dilihat dari preferensi pemilih masyarakat ini, sangat tidak mengherankan jika Eri-Armuji unggul. Sebab latar belakang mas Eri dan Pak Armuji masuk dalam tiga besar yang diinginkan masyarakat. Kesuksesan Bu Risma yang miliki latar belakang birokrat akan berpengaruh pada pemilih pilkada kali ini. Mas Eri memiliki latar belakang birokrat," katanya.

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 1 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. (Baca: Tertangkap Jambret Ponsel, Pria di Tasikmalaya Dihajar Massa).

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)