Peduli Masyarakat, Taruna Akpol Bagikan Masker ke Pedagang Pasar hingga Panti Asuhan

loading...
Peduli Masyarakat, Taruna Akpol Bagikan Masker ke Pedagang Pasar hingga Panti Asuhan
Taruna Akpol membagikan masker kepada pedagang maupun pembeli di Pasar Jati, Banyumanik, Semarang, Kamis (29/10/2020). Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
SEMARANG - Momentum Hari Sumpah Pemuda dimanfaatkan oleh taruna Akademi Kepolisian (Akpol)dengan menggelar bakti sosial (Baksos) serentak di seluruh Indonesia.

Mengusung tema “Taruna Pemuda Bersatu” yang merupakan akronim dari Taruna Peduli Masyarakat Untuk Indonesia Bersih, Sehat, Aman dan Saling Membantu, para taruna Akpol dari tingkat II, III dan IV yang berjumlah 805 taruna itu membagikan masker dan barang yang masih layak pakai, serta paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Di Kota Semarang, kegiatan baksos menyasar di Pasar Jati dan Panti Asuhan Yayasan Alfisalam RT 03 dan RW 03, Gedawang, Kecamatan Banyumanik.

Di pasar Jati, puluhan Taruna dari tiga tingkatan yakni Taruna tingkat II Batalyon Promoter Angkatan 54, Taruna tingkat III Batalyon Arkarna Satya Dharma Angkatan 53, dan Taruna tingkat IV Batalyon Reksa Aksatria Daksa Angkatan 52 membagikan 100 unit masker berlogo Polri kepada pedagang, pembeli hingga tukang parkir. Sedangkan di panti asuhan Alfisalam, mereka membagikan sembako.



“Kami perwakilan Taruna Akpol khususnya yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di wilayah Polrestabes Semarang melakukan pembagian masker dan himbauan kepada masyarakat khususnya pedagang/pembeli di Pasar Jati, yang cukup ramai pengunjung, namun tak luput dari masyarakat yang tak memakai masker,” ungkap Brigadir Taruna, Rizky Alief Darmawan, Kamis (29/10/2020).

“Bakti sosial di Gedawang yang kami lakukan ini merupakan salah satu program ketarunaan untuk mensosialisasikan dan wujud rasa kami bersyukur atas Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kegiatan baksos ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keselamatan jiwa sendiri di tengah masa pandemi COVID-19. (Baca juga: Pasar Tani Tegal Loegood Hadirkan Suasana Khas Pedesaan)



Sementara, Gubernur Akpol Irjen Suroto mengatakan, taruna Akpol adalah pemuda-pemudi yang dididik oleh negara agar kelak menjadi aparatur-aparatur yang turut berperan dalam kelangsungan negara melalui organisasi Polri. (Baca juga: KPU Sleman Gelar Tiga Kali Debat Publik Paslon Pilkada 2020, Ini Jadwalnya)

"Semangat Sumpah Pemuda merupakan contoh bagi para taruna Akpol untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu bagi bangsa Indonesia dengan meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial," kata Irjen Suroto.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan membangun citra di lingkungan masyarakat bagi taruna Akpol dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi organisasi Polri.

Baksos digelar serentak di seluruh Polda jajaran mulai hari ini, 29 Oktober sampai 1 November 2020. Sebanyak 28 ribu masker sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober disebar ditambah 1.500 paket sembako serta pakaian atau barang layak pakai untuk panti asuhan.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top