Plt Gubernur Ikuti Puncak Peringatan Sumpah Pemuda 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 - 09:58 WIB
loading...
Plt Gubernur Ikuti Puncak Peringatan Sumpah Pemuda 2020
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020, di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu (28/10/2020)
A A A
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020, di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu (28/10/2020). Puncak kegiatan yang diselenggarakan secara virtual itu diikuti juga oleh Presiden Joko Widodo, para menteri Indonesia Maju serta seluruh gubernur di Indonesia.

Dari Provinsi Aceh, peringatan itu selain diikuti oleh Plt Gubernur dan istri --Dyah Erti Idawati, juga diikuti oleh Sekda Aceh Wakapolda Aceh, Ka Pendam Iskandar Muda, perwakilan Kajati Aceh, Kepala Dispora Aceh, Kepala Kesbangpol Aceh, Kepala Biro Humas dan Protokol serta perwakilan para pemuda.

Sumpah pemuda tahun 2020 mengangkat tema Bersatu dan Bangkit. Kegiatan bersejarah itu disiarkan langsung lewat media TVRI, langsung dari Provinsi Papua Barat.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, momentum 92 tahun sumpah pemuda, semangat pemuda harus tetap menyala. Pemuda harus membawa energi positif dan menyelesaikan persoalan dengan semangat kerja sama.

"Bersatu adalah kunci mencapai Indonesia maju," kata Jokowi. Menjadi Indonesia ujar presiden, tidak cukup hanya menjadi bagian dari wilayah Indonesia semata, melainkan harus dengan semangat merawat keindonesiaan, semangat solidaritas dan rasa persaudaraan.

"Kita harus menghargai perbedaan, menjaga toleransi. Harus bekerjasama membangun Indonesia secara adil dan merata. Rasa memiliki dan ikut berkontribusi memajukan Indonesia harus selalu ada," kata Jokowi.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, menyebutkan peringatan sumpah pemuda tahun ini dilaksanakan dalam kondisi berbeda. "Tidak ada pengumpulan keramaian. Kita sedang mendapatkan ujian dengan adanya pandemi" kata dia.

Pandemi juga memberikan dampak yang sangat besar termasuk kepada anak muda. Karena itu ia mengajak semua oemuda untuk selalu semangat untuk membangun Indonesia melawan pandemi.

"Semangat sumpah pemuda harus menjadi momentum bagi pemuda, khususnya dalam memberikan contoh dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Zainuddin Amali.

Dikutip dari situs resmi museum sumpah pemuda.kemdikbud.go.id, disebutkan bahwa Sejarah Sumpah Pemuda merupakan gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda gabungan yang berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)