Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

Kamis, 29 Oktober 2020 - 09:48 WIB
loading...
Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi
Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di sela-sela kampanye di Kecamatan Ciomas, Rabu (28/10/2002).
A A A
SERANG - Calon Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan warga Kabupaten Serang bisa menikmati pendidikan gratis mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Beasiswa pun diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk memastikan seluruh warga Kabupaten Serang bisa sekolah dan kuliah.

Menurut Tatu, sesuai kewenangan pemerintahan, Pemkab Serang berkewajiban mengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pertama. Oleh karena itu, untuk menjamin aksesibilitas, telah diluncurkan program beasiswa SD dan SMP.

“Kemudian pemerintah pusat juga menurunkan program bantuan operasional sekolah atau BOS. Jadi program beasiswa Pemkab Serang ini bersinergi dengan program BOS,” kata calon petahana ini di sela-sela kampanye di Kecamatan Ciomas, Rabu (28/10/2002).

Sekadar diketahui, beasiswa tingkat SD sebanyak 1.650 siswa dan beasiswa SMP sebanyak 2.452 siswa. Selain itu, Pemkab Serang juga memberikan beasiswa untuk 212 penghafal Alquran. “Untuk program pendidikan gratis tingkat SMA atau SLTA, sudah diprogramkan Pemerintah Provinsi Banten yang punya kewenangan. Namun Pemkab Serang melalui Baznas Kabupaten Serang, juga memberikan beasiswa untuk siswa SLTA,” tegas Tatu.

Untuk tahun pelajaran 2019/2020, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 1.400 siswa SD dan 1.445 siswa SMP. Kemudian beasiswa vokasi D-1 Untirta untuk 44 mahasiswa, vokasi D-3 UI 13 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta 7 mahasiswa, sarjana Ilmu hukum Untirta 1 orang, sarjana ilmu pertanian Untirta 1 mahasiswa, dan sarjana guru PAUD 351 mahasiswa.

Kemudian untuk tahun pelajaran 2020, untuk program kuliah gratis, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk vokasi D-1 Untirta untuk 25 mahasiswa, vokasi D-2 UI 8 mahasiswa, sarjana guru PAUD 375 mahasiswa, sarjana kedokteran Untirta 5 mahasiswa, dan program sarjana pertanian Untirta 1 mahasiswa.

“Jika punya kemauan, kemudian tekun belajar, insya Allah, warga Kabupaten Serang berkesempatan menikmati pendidikan gratis dari SD hingga perguruan tinggi. Saya minta para orangtua terus memotivasi dan mendorong anak-anaknya untuk tekun belajar,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan Ciomas, Ustad Abi Syuja'i menilai, sudah menjadi ikatan batin bahwa warga Kecamatan Ciomas untuk memilih pasangan Tatu-Pandji. Sebab, Tatu merupakan kelahiran wilayah Palima-Cinangka (Palka). “Kita sedang memilih pemimpin yang sudah terbukti membangun Kabupaten Serang, bukan hanya wilayah Ciomas, tetapi juga hingga Kecamatan Bojonegara,” tegasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)