Avrist Assurance Kenalkan Program Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen-Z

loading...
Avrist Assurance Kenalkan Program Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen-Z
Head of Pension Department PT Avrist Assurance, Firmansyah, ASAI, VP. Foto/Avrist Assurance
BANDUNG - Dana pensiun merupakan sebuah bahan diskusi yang cenderung dinomorduakan, bahkan dinomortigakan oleh para milenialdan gen-Z. Hal ini dikarenakan kata-kata 'pensiun’ identik dengan usia lanjut non-produktif, sehingga seakan-akan tidak ada urgensi untuk mengelola kelangsungan kesejahteraan ketika usia pensiun tiba.

Bila mengacu pada laporan dari OJK yang diterbitkan pada tahun 2018, maka jumlah total peserta dana pensiun turun 4,03%, tetapi jumlah peserta aktif DPLK tumbuh 5,14%. Walaupun bertumbuh, tetapi dari 77 juta tenaga kerja aktif, hanya 6% yang menjadi peserta dana pensiun, sedangkan 94% lainnya tidak.(Baca: Produktivitas Generasi Milenial Kunci Memajukan Bangsa)

Salah satu penyebab rendahnya penetrasi produk persiapan dana pensiun adalah karena kurangnya edukasi literasi keuangan dengan topik pembahasan dana pensiun atau DPLK. Terlebih lagi, bagi generasi milennial yang saat ini menduduki posisi strategis atau decision-making position, kerap kali mengedepankan kebutuhan gaya hidup ketimbang mempersiapkan finansial sehat di hari tua.

Avrist Assurance, sebagai perusahaan asuransi dengan pengalaman lebih dari 40 tahun di Indonesia, melihat adanya peluang besar untuk memanfaatkan kanal digital dalam memberikan edukasi produk dana pensiun. Dengan merambah kanal digital, edukasi mengenai persiapan dana pensiun dapat menjangkau generasi milennial dan gen-Z, sehingga persiapan dana pensiun dapat dilakukan sejak memasuki usia produktif.



"Avrist Assurance menerapkan berbagai strategi untuk memasarkan produk DPLK, salah satunya dengan akselerasi pemanfaatan kanal digital. Dengan pesatnya perkembangan era digital, kami melihat ada peluang di kanal digital yang berpotensi untuk mengedukasi dan memasarkan produk secara efektif dan berkelanjutan,” kata Firmansyah, ASAI, VP, Head of Pension Department, PT Avrist Assurance dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020). (Baca: Avrist Assurance Business Lluncheon)

Firman memaparkan bahwa perusahaan menerapkan digital marketing dalam mengenalkan produk DPLK kepada milennials dan gen-Z. Pertama, sosialisasi produk DPLK melalui lokakarya (workshop) secara virtual. Avrist Assurance berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam mengedukasi keuntungan dan kelebihan dari produk DPLK.

Melalui kegiatan workshop daring, Avrist Assurance membahas berbagai topik menarik seputar DPLK, seperti pengenalan produk DPLK, keuntungan bergabung sebagai peserta DPLK, hingga strategi mempersiapkan dana pensiun. Selain itu, ada pembahasan kiat berhitung sederhana untuk kalkulasi dana pensiun sesuai impian, juga terdapat kiat dalam mencermati dan memilih perusahaan pengelola dana pensiun yang ideal.



Kedua, melakukan edukasi produk DPLK secara berkala dan terpadu melalui situs mikro (microsite) Avrist LifeGuide. Situs ini berisikan artikel dengan topik utama seputar manajemen keuangan, termasuk di dalamnya mengenai dana pensiun dengan produk DPLK. (Baca:Ini Dia Strategi Pengurai Sengkarut di Jwasraya)
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top