Terdampak Covid-19, Perajin Wayang Golek Butuh Dukungan Pemkab Batang

Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:13 WIB
loading...
Terdampak Covid-19, Perajin Wayang Golek Butuh Dukungan Pemkab Batang
Perajin Wayang Golek Teguh Abadi menunjukan hasil karyanya di hadapan Bupati Batang Wihaji. FOTO : Istimewa
A A A
BATANG - Tangan terampil Teguh Abadi (45), warga Desa Siwatu, Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, tampak bersahabat dengan tajamnya pisau. Seolah menari, pisau itu dikendalikan jari-jemari Teguh untuk mengukir potongan kayu yang sudah dibelah berbentuk balok untuk dijadikan wayang golek. Kebolehannya dalam mengukir kayu ia tunjukkan di hadapan Bupati Batang Wihaji saat berkunjung di rumahnya.

Sambil menata koleksi wayang goleknya, Teguh sempat memamerkan kebolehannya dalam memainkan wayangnya. Sudah belasan tahun menekuni sebagai perajin, ia berkolaborasi dengan istrinya yang membantu menjahitkan baju wayangnya.

Mesti tidak setiap hari ada pesanan, namun dari hasil karya mampu menghidupi keluarga setiap harinya di himpitan ekonomi dimasa pandemi Covid-19. Namun ia tetap bersyukur dan tidak merasa kekurangan. "Sekarang masih lesu pesanan, kalau dulu dalam satu bulan bisa dipastikan dua sampai tiga, tetapi sekarang cuman satu pesan. Alhamdulilah disyukuri dan tidak merasa kekurangan," ungkap Teguh, Selasa (27/10/2020).

Ia menyebut, satu wayang golek dibuatnya dibandrol harga termurah Rp200.000 sampai Rp 500.000 dan paling mahal Rp800.000. "Untuk pemasarannya wayang golek kita unggah di media sosial. Dari situlah pesanan pun datang dari Kalimantan, Jawa Barat Jawa Timur daerah lainya," ungkapnya.

Pria yang bertubuh kekar tersebut mengaku hasil karya seninya sudah membuat berbagai macam karakter pewayangan dan tokoh sesuai dengan pesanannya. "Satu karakter wayang golek bisa diselesaikan dalam waktu 3 hari, tapi bisa sampai lebih sesuai tingkat kesulitannya," sebutnya.

Teguh Abadi berharap dukungan dari pemerintah agar karya seninya ada ruang pamer galeri untuk mempromosikan. "Di tengah pandemi, pelaku seni seperti kami juga ikut terdampak. Oleh karena itu saya berharap ada support dari pemerintah," harapnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)