Cagub Mahyeldi Dorong Potensi Pemuda Majukan Daerah Minang

Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:11 WIB
loading...
Cagub Mahyeldi Dorong Potensi Pemuda Majukan Daerah Minang
Hari ini merupakan hari Peringatan Sumpah Pemuda. Terkait dengan itu, Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi memastikan bakal mendorong potensi dan keterlibatan pemuda untuk memajukan daerah Minang. (Ist)
A A A
PADANG - Hari ini merupakan hari Peringatan Sumpah Pemuda. Terkait dengan itu, Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi memastikan bakal mendorong potensi dan keterlibatan pemuda untuk memajukan daerah Minang.

"Kita akan menciptakan lahirnya 100 ribu pengusaha muda atau millineal entrepreneur dengan langkah teknis melalui akademi entrepreneur bidang IT, link investor dan regulasi Kepala Daerah melalui perbankan bantuan modal pemuda milenial," kata Mahyeldi yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam keterangannya, Rabu (28/10/2020).

Selain itu, dia juga berjanji akan mendirikan Young Center, yakni pusat berkumpul pemuda dan milenial berkelas nasional. "Dimana mereka yang memiliki fashion religious (agama Islam) akan diarahkan kebijakan pemberdayaan Masjid Raya Sumbar dan tempat ibadah terpilih sebagai pusat kreasinya," ujarnya.

Kata dia, pemuda milenial yang memiliki passion seni dan budaya akan didorong pengembangan diri di taman budaya, gedung budaya Sumbar seperti musik, theater, grafis, lukis, tari dan lainnya. "Jika anak muda, milenial ini memiliki passion sport (hobi olahraga) diarahkan kegiatan di Gor Bung Hatta Sumbar, terletak di Sikabu Lubuk Alung. Padang Pariaman atau di Gor Haji Agus Salim Kota Padang," imbuhnya.

Dia mengatakan, Young Center nantinya akan dikembangkan lebih luas lagi, bisa juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumbar untuk memperluas cakupan. "Karena pemuda, milenial memiliki tangung jawab besar sebagai pemimpin dimasa depan, mereka akan memiliki tangung jawab sebaga sosok kaderisasi kepemimpinan daerah negara, dan bangsa," kata pria yang akrab disapa Buya ini.

Dirinya yang kini menjabat Walikota Padang dalam kesehariannya berkomitmen melanjutkan program percepatan realisasi atau penerapan Undang-undang kepemudaan yang sudah diturunkan melalui Perda kepemudaan nomor 12 Tahun 2017 di Sumatera Barat. "Dimana lembaga kepemudaan akan diberikan perlakuan atau regulasi khusus seperti KNPI, Karang Taruna, Pramuka dan OKP lainnya dengan baik dikemudian hari. Perlakuan tersebut akan dimintak juga Pemda Kabupaten/Kota untuk membuat Perda Kepemudaan serupa," tuturnya. (Baca: Petugas TNGC Terima Kucing Hutan dari Warga Kuningan).

Kata dia, sebagai sarana mendorong kaum muda, milenial bisa aktif, dan berkreasi untuk mencetak pemimpin baru dari ranah Minang ini. "Semua kepedulian tersebut akan disempurnakan dengan Paslon Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy terpilih di Pilkada Sumbar 2020," ujarnya.

Dia bersama Audy juga akan memberikan anggaran sempurna untuk pemuda milenial tersebut. "Akan juga memberikan kesempatan masuk dalam Tim Kajian Strategis Pemerintahan Provinsi Sumbar. Terakhir akan diberikan lapangan kerja atau koneksitas khusus melalui jaringan para pengusaha, perbangkan dan investor. Semua gagasan tidaklah muluk-muluk dipaparkan seperti di atas," imbuhnya. (Baca: Modus Ajak Makan Soto, Pria Ini Perkosa Tunangannya di Rumah Kosong)

Dia memastikan semua bisa direalisasikan melalu kebijakan Visi dan Misi yang akan dituangkan dalam RPJM Provinsi untuk dilaksanakan. "Karena APBD Provinsi Sumbar terbatas maka di sini juga akan didorong lahirnya pihak ketiga sebagai motor penyempurna gerakan. Jika semua pemikiran di atas bisa diwujudkan, ada keyakinan kejayaan Sumatera Barat, Minangkabau bisa hadir kembali seperti zaman kemerdekaan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)