BI-Pemkot Tasikmalaya Gadeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Cikurubuk

Rabu, 28 Oktober 2020 - 00:00 WIB
loading...
BI-Pemkot Tasikmalaya Gadeng Tokopedia Digitalisasi Pasar Cikurubuk
Kolaborasi Tokopedia, BI, dan Pemkot Tasikmalaya melalui inisiatif Pasar Cikurubuk Online diharapkan membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM yang berdagang di pasar tradisional beradaptasi di tengah pandemi. Foto/Ist
A A A
TASIKMALAYA - Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya dan Pemkot Tasikmalaya menggandeng Tokopedia mendorong digitalisasi Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bagian Perekonomian Setda Kota Tasikmalaya sekaligus Tim Teknis Pasar Cikurubuk Online Ramdhan mengatakan, sejak awal pandemi, hampir semua pedagang di Pasar Cikurubuk mengalami penurunan omzet hingga 50%.

Melihat kondisi ini, kata Ramdhan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya bersama Tokopedia dan BI meluncurkan Pasar Cikurubuk Online untuk menghadirkan inovasi pada pasar tradisional lewat teknologi.

"Pemkot Tasikmalaya merupakan pemerintah daerah pertama yang melakukan digitalisasi pasar tradisional lewat Tokopedia. Koperasi Pasar Cikurubuk pun dilibatkan untuk membantu menyosialisasikan konsep baru ini kepada masyarakat," kata Ramdhan.

Koperasi pasar, ujar dia, turut mengelola akun bersama milik pedagang pasar sekaligus berperan membagi hasil penjualan kepada para pedagang.

“Upaya kolaborasi dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat membantu para pedagang mempertahankan usaha sekaligus memulihkan perekonomian daerah,” ujar Ramdhan.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, inisiatif Pasar Cikurubuk Online ini bisa membantu lebih banyak pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM yang berdagang di pasar tradisional beradaptasi di tengah pandemi.

"Demi menjaga usahanya tetap berjalan dan lebih jauh lagi, berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Astri Wahyuni.

Digitalisasi pasar tradisional ini, ujar Astri, sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang lewat teknologi.

Astri mengemukakan, proses digitalisasi Pasar Cikurubuk Tasikmalaya yang telah dilakukan sejak April 2020 lalu, mendapat respons sangat positif dari masyarakat. Per Oktober 2020, penjualan pedagang di Pasar Cikurubuk melalui Tokopedia mencapai lebih dari 18 ribu produk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)