Anggota DPR Dorong Nelayan Pacitan Tetap Produktif saat Pandemi

Selasa, 27 Oktober 2020 - 11:10 WIB
loading...
Anggota DPR Dorong Nelayan Pacitan Tetap Produktif saat Pandemi
Anggota Komisi VI DPR Edhie Baskoro Yudhoyono mengajak nelayan di kawasan Pacitan, Jawa Timur tetap produktif walaupun di tengah kendala pandemi COVID-19. Foto/Ist
A A A
PACITAN - Anggota Komisi VI DPR Edhie Baskoro Yudhoyono mengajak nelayan di kawasan Pacitan , Jawa Timur tetap produktif walaupun di tengah kendala pandemi COVID-19.

"Kami turut prihatin dan memahami bahwa saat ini kehidupan menjadi lebih sulit karena dampak COVID-19 . Kabupaten Pacitan adalah daerah di pesisir selatan yang kaya dengan potensi lautnya. Nelayan di Pacitan harus diperhatikan dan didorong untuk bisa menjadi nelayan produktif," tegas pria yang akrab disapa Ibas itu dalam reses secara virtual dengan sejumlah kelompok nelayan di Desa Kembang, Pacitan. (Baca juga: Banjir dan Longor Terjang Pangandaran, 2 Warga Tewas Tertimbun)

Ibas mengatakan nelayan tradisional bisa memanfaatkan teknologi dan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. (Baca juga: Jadi Tersangka Lagi, Polda Jabar Izin Ditjen Pas Periksa Habib Bahar)

"Agar bisa produktif harus mampu beradaptasi dengan perkembangan yang ada seperti menggunakan teknologi tepat guna dari pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) yaitu Converter BBG dan selalu gunakan alat tangkap ramah lingkungan agar keberlangsungan biota laut tetap terjaga" urainya.

Selain itu, dia juga mendorong pemerintah baik pusat dan daerah untuk mendukung penuh sektor kelautan dan perikanan di wilayah pesisir yang kaya akan potensi hasil laut jadi salah satu sektor strategis meningkatkan ekonomi nasional.

"Kita juga mendorong agar produksi hasil laut semakin meningkat dan bisa diolah menjadi bahan olahan yang bernilai jual tinggi. Selain bisa menekan hambatan manakala harga jual ikan merosot saat panen melimpah, tentu juga menjadi sumber penopang ekonomi masyarakat," tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6040 seconds (0.1#10.140)