Jaga Kelestarian Alam, Anak-anak Muda Pasuruan Tanam Pohon Kayu Putih

Rabu, 28 Oktober 2020 - 00:58 WIB
loading...
Jaga Kelestarian Alam, Anak-anak Muda Pasuruan Tanam Pohon Kayu Putih
Kolaborasi komunitas di Pasuruan bersatu menanam pohon kayu putih untuk obat-obatan.Foto/ist
A A A
PASURUAN - Anak-anak muda di Pasuruan, Jawa Timur, melakukan penghijauan . Aksi ini dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menanam kayu putih yang dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan.

Mereka terdiri dari anak motor, fans club, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Pasuruan. Sebelum menanam pohon, anak-anak muda yang menginduk pada Bold Riders, SuperSoccer, dan Pokdarwis Heppiii Community ini mengikuti donor darah.

“Ada puluhan bibit pohon mangga dan kayu putih yang kami tanam di lokasi eduwisata Dam Pleret Pasuruan. Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Bold Riders Pasuruan dan Pokdarwis Dam Pleret 1904,” kata Koordinator Acara Eko Mulyono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020) malam.

(Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda Ala Komunitas Motor Surabaya )

Tanaman kayu putih, dengan harapan setelah tumbuh nanti bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan. Sedangkan bibit mangga yang ditanam adalah mangga apokat yang keberadaannya belum banyak di Pasuruan.

Eko Mulyono mengatakan, komunitas motor Bold Riders yang terlibat kegiatan ini terdiri dari YVC-I US, Byson Independent, HBC US, dan GCI. Hadir juga fans club Pena Real Madrid Indonesia (PRMI), United Indonesia (UI), serta pokdarwis.

Selain kegiatan penghijauan, mereka juga membagikan makanan kepada pengguna jalan seperti tukang becak, ojek online dan pengguna jalan lainnya di seputaran kantor PMI Pasuruan. Kegiatan ini dikomandoi oleh komunitas Fans Club yang tergabung dalam Super Soccer Pasuruan.

(Baca juga: Pertamina Antisipasi Peningkatan Konsumsi Energi di Libur Panjang )

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

(Baca juga: BNPT: Kelompok Teroris Kian Massif Propaganda Lewat Medsos )

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4818 seconds (0.1#10.140)