Tok! PON XX di Papua 2020 Resmi Ditunda

Rabu, 15 April 2020 - 20:28 WIB
loading...
Tok! PON XX di Papua 2020 Resmi Ditunda
Rapat kerja antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Komisi X DPR menyepakati penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Foto: Sindonews/abdul rochim
A A A
JAKARTA - Rapat kerja Komisi X DPR bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) digelar secara virtual menyepakati penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua.

"Kami menyepakati PON ditunda karena pandemi COVID-19 ini. Terkait hingga kapan penundaannya, tangga, bulan dan tahunnya, kita serahkan Menpora berkonsultasi dengan Presiden," ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda kepada wartawan usai rapat virtual, Selasa (14/4/2020). (BACA JUGA: Lorenzo Sesumbar Bisa Kalahkan Marquez Jika Dipertahankan Ducati)

Dikatakan Huda, berdasarkan keterangan yang disampaikan Menpora Zainudin Amali dalam rapat tersebut, ada sejumlah alasan mengapa pelaksanaan PON XX yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November 2020 tersebut harus ditunda.

Pertama, hingga kini belum ada tanda-tanda pandemi COVID-19 akan berakhir sehingga mengganggu seluruh tahapan persiapan. Huda mencontohkan terkait pengadaan alat olahraga yang seharusnya tahapan pelaksanaan lelang dilakukan pada bulan ini dan tuntas pada Juni-Juli 2020, namun hal itu tidak bisa dilaksanakan.

"Sebab, ada negara-negara pembuat peralatan olahraga sekarang tidak siap karena pandemi COVID-19 juga. Mungkin ada yang harus dibeli di Eropa, China atau Jepang, praktis mereka gak bisa padahal PON tinggal lima bulan lagi sebenarnya," tuturnya. (BACA JUGA: Uang Tiket Dikembalikan, Sinyal Liga Inggris Berlanjut Tanpa Penonton)

Selanjutnya, kesiapan atlet juga nilai terganggu akibat wabah COVID-19. Termasuk juga kesiapan venue juga dinilai cukup berat karena di Papua juga sudah dilakukan pembatasan sejak sebulan lalu. "Pengiriman barang dan lain-lain juga mengalami delay semua," papar Huda.

Dengan kondisi saat ini, tidak hanya PON XX, namun Kemenpora memperkirakan hingga Juli 2020 tidak ada event olagraga nasional maupun internasional apapun. Jika kondisi segera membaik, event olahraga nasional dan internasional diharapkan bisa mulai digelar secara bertahap pada Agustus-Desember 2020.

Dan seluruh kegiatan diharapkan kembali normal pada 2021 dengan konsekuensi waktunya saling berdekatan, mulai dari ASEAN Para Games di Filipina, PON dan Peparnas 2021 di Papua, Piala Dunia FIFA U-20, ASEAN School Games 2021 di Filipina, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020, SEA Games di Hanoi, POPNAS dan PAPERPENAS 2021, serta MotoGP 2021 di Mandalika.

Huda mengatakan hasil rapat juga menyepakati bahwa pembangunan venue tetap harus jalan. Selama ini, kata Huda, sebenarnya pembangunan venue tetap berjalan, namun tidak berjalan maksimal.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)