Yunus Wonda Optimis Papua Sanggup Gelar Event Olah Raga Nasional

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:30 WIB
loading...
Yunus Wonda Optimis Papua Sanggup Gelar Event Olah Raga Nasional
Acara seremonial peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, pada Jumat (23/10/20) malam, berjalan dengan sukses. Foto: Dokumentasi Sindonews
A A A
PAPUA - Acara seremonial peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, pada Jumat (23/10/20) malam, berjalan dengan sukses. Ini menjadi bukti bahwa Papua sudah siap menjadi tuan rumah PON XX tahun 2021 .

(Baca Juga: Zidane: Madrid ke Camp Nou Bukan untuk Patahkan Kritikan, tapi Momen Ini Harus Dinikmati )

Meskipun peresmian Stadion terbesar dan termegah di Provinsi Papua ini hanya digelar secara virtual dan tidak terbuka untuk umum, namun acaranya berjalan lancar dan aman hingga selesai. Seremoni yang dihadiri sejumlah anggota DPR Papua itu diakhiri dengan hitung mundur 362 hari menuju PON XX.

Yunus Wonda selaku Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XX dan juga menjabat Ketua Panitia peresmian mengatakan, dengan dimulainya hitung mundur pelaksanaan PON sebagai bukti bahwa pihaknya telah siap untuk menyelenggarakan event empat tahunan tersebut, dimana pihaknya akan terus mematangkan persiapan hingga tahun depan.

“Jadi hitung mundur ini menandakan bahwa waktu sudah kian dekat, sehingga persiapan kita di semua cluster harus terus digenjot. Kita ingin buktikan kepada seluruh KONI di Indonesia, bahwa kami Papua juga bisa dan mampu jadi tuan rumah sesuai dengan harapan dan jargon kita, Torang Bisa,” ujar Yunus Wonda di Papua, Minggu, (25/10/2020).

Meski demikian, Yunus tidak menampik masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikejar dan diselesaikan demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PON nanti. Dia mengakui sebelumnya tidak pernah dapat membayangkan bahwa Provinsi Papua bisa menjadi tuan rumah PON.

“Karena kami menyadari secara infrastruktur, Papua sangat tidak mungkin melakukan itu. Tetapi, oleh komitmen yang kuat dari bapak Gubernur Lukas Enembe yang didukung juga oleh bapak wakil Gubernur dan semua pihak, maka hal yang tidak mungkin itu sekarang terbukti, kami Papua juga bisa,“ ujar Yunus yang kini juga menjabat sebagai Wakil ketua DPR Provinsi Papua .

Hal senada disampaikan Gubernur Provinsi Papua, sekaligus Ketua umum PB PON XX 2021 Lukas Enembe. Dia membeberkan persiapan yang dilakukan hingga saat ini bukan tanpa kendala. Namun, pihaknya tidak pernah patah semangat. “Kami menjadi lebih matang lagi dalam bekerja untuk menyambut para tamu undangan. Ini membuktikan kami siap menjadi tuan rumah PON dengan berbagai venue Internasional saat ini,” ujar Lukas.

(Baca Juga: Immobile : Lazio Wajib Main di Eropa Musim Depan )

Lukas menegaskan event empat tahunan tersebut merupakan bagian dalam pemersatu seluruh elemen bangsa dalam kesatuan Republik Indonesia. “Siapapun tidak pantas menyandang juara, jika tidak ada nilai sportivitas didalamnya karena PON bukan hanya tentang kemenangan, namun tentang persatuan dan persaudaaraan, sehingga kami hadirkan agenda ini dan venue bertaraf Internasional, siapkan diri Anda. Torang bisa,” tutupnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)