Survei Charta Politika, Elektabilitas Joune Ganda-Kevin Lotulung Tertinggi

Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:11 WIB
loading...
Survei Charta Politika, Elektabilitas Joune Ganda-Kevin Lotulung Tertinggi
Elektabilitas calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara 2020 Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung terus melejit menempati posisi teratas. (Ist)
A A A
MINAHASA UTARA - Elektabilitas calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara 2020 Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung terus melejit menempati posisi teratas.

Survei Charta Politika Indoensia menunjukkan Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung berada pada pilihan tertinggi saat ini dengan elektabilitas 46,0%. Diikuti berikutnya oleh pasangan Sompie SF Singal-Joppi Lengkong dengan elektabilitas 24,2% dan Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantow dengan elektabilitas 18,2%.

"Pada pilihan secara berpasangan ini, terdapat 11,7% responden yang menyatakan Tidak Tahu/Tidak Jawab," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, saat mempresentasikan hasil survei “Preferensi Politik Masyarakat Kabupaten Minahasa Utara Menjelang Pilkada Serentak 2020” pada, Rabu (21/10/ 2020).

Survei tersebut dilakukan pada 9-14 Oktober 2020 dengan melibatkan 600 responden yang diwawancara secara tatap muka melalui metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error diperkirakan +/-4% pada tingkat kepercayaan 95%.

Menurut Yunarto, tingginya elektabilitas pasangan Jounne JE Ganda- Kevin W. Lotulung tidak terlepas dari pilihan responden terhadap kedua kandidat tersebut secara perorangan.

Pada kategori calon Bupati, Joune JE Ganda dipilih oleh 46,2% responden. Sementara Sompie SF Singal dipilih oleh 24,2% responden dan Shintia Gelly Rumumpe dipilih oleh 17,3% responden. Sebanyak 12,3% responden menyatakan undecided voters atau belum menentukan pilihan.

Tidak jauh berbeda pada pilihan responden dalam kategori calon Wakil Bupati, Kevin W. Lotulung dipilih oleh 43,0% responden, diikuti Joppi Lengkong yang dipilih oleh 23,3% responden dan Netty Agnes Pantow dipilih oleh 17,5% responden.

Menurut Yunarto, masyarakat di wilayah Kabupaten Minahasa Utara tergolong sudah mengenal kandidat yang berlaga, baik calon Bupati dan Wakil Bupati. (Baca: Joune Ganda Calon Bupati Paling Perhatian pada Rakyat Versi Survei Charta Politika)

Survei Charta Politika juga menunjukkan persentase tingkat kemantapan pilihan masyarakat yang sudah cukup tinggi. “Temuan survei ini memperlihatkan warga yang menyatakan pilihannya sudah mantap sebesar 68,7%,” kata Yunarto.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)