Buka 40 Hektar Lahan Pembibitan Sawit, PTPN V Gandeng Emak-emak

Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Untuk para pekerjanya, perusahaan menggandeng masyarakat setempat terutama dari kaum hawa. Mereka dipekerjakan pada setiap tahapan pre nursery dan main nursery, mulai dari pembersihan, pembibitan, hingga pemeliharaan. "Sejak bulan Maret 2020 saya sudah di sini. Sangat terbantu secara ekonomi. Semoga ini jalan terus ya," ujarnya.

Senada dengan Heddina, Lasti juga merasakan hal yang sama. Lasti, perempuan berusia 39 tahun itu memiliki enam orang anak. Semuanya tengah duduk di bangku pendidikan, mulai dari SD hingga menengah atas.

Lasti sedikit beruntung dibandingkan Heddina. Suaminya masih sehat dan bekerja. Namun, ia mengaku sejak pandemi, rezeki suaminya sedikit goyah. Apalagi, selama ini Lasti tidak dapat membantu ekonomi keluarga karena hanya menjadi ibu rumah tangga. "Tapi sekarang bersyukur sekali bisa bekerja di sini. Biaya pendidikan anak-anak sangat terbantu dengan saya bekerja. Suami saya supir," katanya.

Lasti dan Heddina bersama buruh harian lainnya, setiap bulan mampu mendapat bayaran mencapai lebih dari Rp2 juta. Bagi mereka, pekerjaan itu terasa ringan karena hanya selingan, tidak memakan banyak waktu, serta dekat dengan lokasi tempat tinggal.

"Apalagi yang bekerja di sini bertetangga semua. Kami bekerja sambil silaturahmi. Intinya sangat bersyukur dengan kondisi ini," timpal Timilan, perempuan 42 tahun yang mulai bekerja sejak April 2020. (Baca juga: Emak-emak di Bone Joget Heboh di Hotel, Ini Kata Satgas COVID-19 )

PTPN V telah membuka lapangan pekerjaan baru dan membantu meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat melalui program pengembangan diversifikasi unit bisnis pembudidayaan sentra pembibitan sawit unggul di Provinsi Riau dengan kapasitas produksi 1,5 juta bibit. Sedikitnya ada tujuh sentra bibitan seluas 160 hektare yang saat ini dikelola Perusahaan perkebunan negara tersebut.

Salah satunya berada di Kota Dumai, saat ini mampu menyerap sedikitnya 52 lapangan pekerjaan dengan memberdayakan mayoritas ibu-ibu di sekitar areal operasional.

"Alhamdulillah di tengah situasi pandemi ini, PTPN V terus berusaha memberikan kontribusi positif, termasuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan bisnis kita pembudidayaan bibit sawit unggul di Kota Dumai," kata CEO PTPN V Jatmiko K Santosa Sabtu (17/10/2020).

Tidak hanya berdampak pada pemberdayaan masyarakat sekitar, bibit sawit unggul tersebut juga disediakan tidak hanya terbatas untuk kebun sendiri dan kebun plasma. Namun, juga bagi para petani sawit swadaya. Bahkan, petani yang membeli bibit secara satuan tetap dilayani.

(Baca juga: Cegah Penularan COVID-19, Pintu Masuk Karimunjawa Diperketat )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)