10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari COVID-19

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:24 WIB
loading...
10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari COVID-19
Masyarakat harus menjaga dan meningkatkan imun tubuhnya agar bisa terhindar dari paparan virus COVID-19. Sedikitnya ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Foto: SINDOnews/Ilustrasi/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 masih menghantui berbagai negara, termasuk Indonesia. Masyarakat diimbau tetap hati-hati dan waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan . Mulai dari anjuran mengenakan masker, face shield hingga aturan menjaga jarak.

Di luar itu, masyarakat juga harus menjaga dan meningkatkan imun tubuhnya agar bisa terhindar dari paparan virus. Berikut cara terbanyak yang dipilih masyarakat dalam meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi menurut jajak pendapat Litbang SINDO Media

1. Konsumsi Vitamin
Vitamin menjadi salah satu asupan penting yang harus dikonsumsi selama masa pandemi. Mengonsumsi vitamin secara rutin bisa meningkatkan imun tubuh. Vitamin bisa berasal dari berbagai macam makanan. Buah dan sayur juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin.

2. Olahraga
Meskipun penerapan aturan PSBB kembali diterapkan, bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan. Banyak olahraga yang bisa dilakukan sendiri dan dilakukan di rumah. Olahraga bisa menjaga kebugaran tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan juga bisa meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Imunitas Tubuh

3. Makanan Bergizi
Di tengah pandemi seperti saat ini, masyarakat harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hindari membeli makanan di sembarang tempat. Jika diharuskan kerja di kantor, sebaiknya membawa bekal sendiri agar lebih terjamin kebersihan dan gizinya. Dengan memakan makanan bergizi, turut membantu meningkatkan imun dalam tubuh.

4. Rajin Mencuci Tangan
Tangan menjadi salah satu sarana penyebaran virus yang sangat cepat. Maka dari itu saat ini kontak fisik seperti bersalaman diganti dengan hanya mengatupkan kedua tangan. Untuk menjaga kebersihan, pemerintah juga menghimbau agar masyarakat sering-sering mencuci tangan.

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari
Sinar matahari membawa manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D alami lainnya bisa berasal dari makanan. Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: Studi: Anak-Anak Memiliki Sistem Kekebalan COVID-19 yang Lebih Baik

6. Istirahat yang Cukup
Hal ini kerap terabaikan bagi beberapa orang yang memiliki aktivitas padat. Seringkali terlewatkan, sebenarnya memiliki waktu istirahat cukup bisa meningkatkan imun dalam tubuh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2848 seconds (11.252#12.26)