PLN Alirkan Listrik ke 3 Dusun Terpencil di Kabupaten Soppeng

Kamis, 08 Oktober 2020 - 05:59 WIB
loading...
PLN Alirkan Listrik ke 3 Dusun Terpencil di Kabupaten Soppeng
Petugas PLN memasang fasilitas kelistrikan di salah satu dusun terpencil di Kabupaten Soppeng. Foto: PLN
A A A
SOPPENG - PLN berhasil mengalirkan listrik masuk ke tiga dusun terpencil di Kecamatan Donridonri, Kabupaten Soppeng. Dusun itu yakni Cempalagi'e, Lompotiang, dan Wallemping.

Masuknya listrik di tiga dusun itu ditandai dengan penyalaan listrik secara simbolis di Dusun Wallemping oleh Asisten Dua Kabupaten Soppeng Firman, Manager PLN (Unit Pelaksana Proyek Keliststrikan (UP2K) Sulsel Saefuddin, dan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare Ambo Tuwo, Rabu (7/10/2020).



Dalam sambutannya, Manager UP2K Sulsel, Saefuddin memberikan ucapan selamat kepada masyarakat dusun atas masuknya listrik ke dusun mereka. "Kami akan menembus tantangan apapun yang kami dapatkan demi melistriki seluruh pelosok negeri karena tugas tanggung jawab kami adalah untuk melistriki seluruh rakyat," ungkap Saefuddin.

"PLN juga mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh pemerintah dan dinas terkait Kabupaten Soppeng sehingga dusun ini dapat dilistriki," tutup Saefuddin.

Untuk sampai di dusun Wallemping, petugas PLN menempuh jarak sejauh 16 kilometer dari jalan poros Soppeng-Sidrap dengan medan berbatu, tanjakan yang curam serta melalui anak sungai. PLN berhasil membangun 3,9 Kms jaringan tegangan rendah, 9,5 Kms jaringan tegangan menengah, dan tiga gardu distribusi dengan total daya 150 kVA. Ada 116 pelanggan di tiga dusun tersebut.

Ketua adat Dusun Wallemping, Muhammad Nur menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada PLN karena warga telah menikmati listrik. "Kami sangat bersyukur karena bertepatan dengan acara adat di Dusun Wallemping, PLN berhasil menyalakan listrik," ungkap Nur.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya listrik di Dusun Wallemping dapat memajukan kehidupan di sini utamanya bagi anak-anak sekolah agar dapat belajar lebih lama dan mengisi ulang gawainya dengan leluasa untuk digunakan belajar online ," tutupnya.



Di Dusun Wallemping, sejumlah pelajar harus menempuh jalan berbatu sejauh dua kilometer untuk mendapatkan sinyal demi mengikuti pembelajaran online. Kondisi ini mendorong PLN melalui Yayasan Baitul Maal PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare, memberikan bantuan pulsa gratis kepada lima anak berprestasi dan kurang mampu.

Suci, salah satu murid SDN 240 Wallemping yang menerima bantuan ini mengungkapkan rasa syukurnya. "Semoga bantuan ini dapat menambah semangat saya untuk belajar lebih giat lagi terima kasih kepada PLN ," ucap Suci.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)