Dorong UKM Kreatif dan Inovatif, Jateng Beri Anugerah Siddhakarya

Rabu, 07 Oktober 2020 - 08:07 WIB
loading...
Dorong UKM Kreatif dan Inovatif, Jateng Beri Anugerah Siddhakarya
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat Penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 bertajuk untuk Jawa Tengah Lebih Produktif di Jaman Now. Foto/Ist.
A A A
SEMARANG - Pemprov Jateng , mengapresiasi Usaha Kecil Menengah ( UKM ) yang terus berinovasi dan berkarya di tengah pandemi COVID-19. Gubernur Jateng , Ganjar Pranowo mengaku bangga mendengar kegiatan ekspor dari produk UKM yang terus berjalan.

(Baca juga: Sadis, 3 Pria Sandera 3 Bocah Laki-laki Lalu Diperkosa )

Menurutnya, penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 untuk mendorong UKM tetap kreatif dan inovatif. Ia pun semringah kala mendengar cerita salah satu penerima anugerah siddhakarya, yang memproduksi aneka kain dan tetap mengekspor ke Tiongkok dan Singapura meski tidak dalam jumlah besar.

"Kemudian keripik singkong, (omzet) naik 30 persen (ekspor) sampai ke Eropa. Siapa menduga? Nah yang begini ini yang mesti dibantu, mesti dinik-nik (diperhatikan), kemudian dirawat didampingi agar dia bisa menjual lebih banyak lagi," kata Ganjar usai acara Penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 bertajuk untuk Jawa Tengah Lebih Produktif di Jaman Now, Selasa (6/10/2020).

Ganjar mengatakan, UKM yang mengalami peningkatan harus terus didorong dan didampingi. Sebab, kata Ganjar , meningkatnya omzet tentu seiring dengan peningkatan produksi. "Industrinya bertahan malah naik, bisa membuka lapangan kerja, kalau produksi naik kan biasanya tenaga kerjanya nambah," ujarnya.

(Baca juga: 9 Volt Band Gebrak Belantika Musik Cadas Indonesia )

Ia mengaku takkan ragu untuk memberikan insentif pada UKM kecil, menengah maupun besar yang mengalami kondisi tersebut. Hal ini, kata Ganjar , jadi catatan khusus untuk pihaknya. "Yang begini ini, menjadi satu catatan khusus dari pemerintah untuk mereka kita perhatikan dan kita dorong. Insentifnya kita berikan saja, agar mereka bisa lebih produktif," tandasnya.

Sebagai informasi, Anugerah Siddhakarya Tahun 2020 ini diberikan pada 6 UKM mulai dari Kecil, Menengah hingga Besar. Penerima dari kategori UKM Kecil yakni CV. Nasrava dan CV. Adi Daya Group. Kemudian UKM Menengah, anugrah Sidhhakarya diberikan pada PT. Mirasa Food Industry dan PT. Trijaya Tissue. Sementara penerima anugerah dari kategori UKM Besar yakni PT Tiga Pilar Sejahtera dan PT Sutanto Arifchandra Elektronik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)