Pelajar NU Jawa Tengah Luncurkan Program Konco Sinau

Minggu, 27 September 2020 - 10:42 WIB
loading...
Pelajar NU Jawa Tengah Luncurkan Program Konco Sinau
Pelantikan dan Rakerwil IPNU-IPPNU Jawa Tengah di Semarang. FOTO : Istimewa
A A A
SEMARANG - Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Jawa Tengah, melangsungkan pelantikan dan Rakerwil di Semarang, Sabtu (26/9/2020). Acara tersebut sekaligus launching program “Konco Sinau” PW IPNU & IPPNU Jawa Tengah masa khidmat 2019-2022.

Acara dihadiri beberapa tokoh Jawa Tengah maupun Nasional. Di antaranya yaitu KH M Yusuf Chudlori (Pengasuh PP API Tegalrejo, Magelang), Aswandi Djaelani (ketua umum PP IPNU), KH Mansur (PWNU Jateng), Ida Fauziyah (Menaker).

Ketua IPNU Jateng Syaeful Kamaluddin menuturkan bahwa pimpinan PW IPNU Jawa Tengah satu periode kedepan adalah optimalisasi SDM kader di berbagai bidang.(Baca juga : Corona Masih Melanda, PBNU Tunda Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama )

Insha Allah kita ke depan selain fokus di penataan internal baik di pendidikan maupun pengkaderan, kita juga ingin fokus melakukan pendampingan-pendampingan baik pelajar di tingkat dasar, SLTP, sampai tingkat SLTA," ujarnya.

Dia menjelaskan, fokus pimpinan PW IPNU periode ini adalah peningkatan di bidang SDM kader pada berbagai bidang, baik itu yang ada di bidang digital, intelektualitas, atau entrepreneur.

"Untuk itu, PW IPNU dan IPPNU Jawa Tengah yang dipelopori oleh TIM Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren, membentuk program "Konco Sinau" sebagai respon Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi ini," terangnya.(Baca juga : Soal Polemik Radikalisme, PWNU Jatim Minta Menag Hati-Hati )

Program ini sendiri merupakan upaya konkret PW IPNU & IPPNU untuk mengatasi persoalan yang dialami pelajar di berbagai daerah, khususnya, di daerah terpencil.

Mulai persoalan jaringan internet yang terkendala, kebingungan guru, orang tua yang mengeluh karena harus membagi waktunya bekerja dengan mendampingi anaknya belajar dan lain-lain.

Metode yang diterapkan di dalam program "Konco Sinau" sendiri yaitu melakukan pendampingan bagi siswa khususnya di tingkat dasar. "Sebab mereka masih melewati masa tumbuh kembang," jelasnya.

Tim Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren IPNU-IPPNU Jateng Ika Mayasari Ismanto dan Eko Purnomo menambahkan, pola pembelajaran jarak jauh bagi siswa pendidikan dasar di masa pandemi ini menimbulkan dampak yang begitu signifikan.

"Sehingga, kehadiran program “Konco Sinau” diharapkan menjadi jembatan antara guru, siswa, dan orang tua untuk mengatasi problematika dalam proses PJJ melalui kerjasama dengan stakeholder baik pemerintah maupum organisasi masyarakat lainnya," imbuhnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3041 seconds (0.1#10.140)