LKPJ Bupati Teluk Bintuni Diterima Aklamasi Seluruh Fraksi DPRD

Jum'at, 11 September 2020 - 16:12 WIB
loading...
LKPJ Bupati Teluk Bintuni Diterima Aklamasi Seluruh Fraksi DPRD
LPJ Bupati Teluk Bintuni Diterima Aklamasi Seluruh Fraksi DPRD. Foto/Ist
A A A
TELUK BINTUNI - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw diterima secara aklamasi seluruh Fraksi di DPRD Teluk Bintuni .

Dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (11/9/2020), Bupati Bintuni Petrus Kasihiw didampingi Wakil Bupati Matret Kokop telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) Kabupaten Teluk Bintuni, tahun anggaran 2019 di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Teluk Bintuni. (Baca juga: Pilkada Teluk Bintuni, Partai Koalisi Ini Tegaskan Dukungan )

Nota pengantar yang memaparkan program serta penyaluran dan penggunaan APBD Teluk Bintuni sepanjang tahun 2019 dibacakan oleh Bupati Kasihiw dan tak jarang mendapatkan aplaus dari hadirin peserta rapat paripurna. Sebanyak lebih dari 37 program pro rakyat yang dibiayai oleh ABPD dinilai oleh seluruh fraksi sebagai tepat sasaran dalam upaya membangun Teluk Bintuni, seturut visi misi Bupati dan Wakil Bupati pada awal menjabat. (Baca juga: APBD Perubahan Sulsel Diestimasi Defisit Rp200 Miliar )

Penghargaan atas prestasi Wajar Tanpa Pengecualian oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama empat tahun menjabat pun mendapat apresiasi yang menghantar nota pengantar tersebut diterima secara aklamasi oleh seluruh fraksi di DPRD Teluk Bintuni yang disampaikan pada 8 September 2020.

“Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019, yang telah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Papua Barat, berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian/(WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019, capaian ini merupakan WTP yang keenam kalinya, dan merupakan capaian yang keempat kalinya selama kepemimpinan saya bersama Bapak Matret Kokop, yaitu LKPD 2016, LKPD 2017, LKPD 2018 dan LKPD 2019,” ungkap Bupati Kasihiw pada pidatonya.

Bupati Kasihiw pada nota pengantarnya juga memaparkan kesuksesan pemerintah daerah dalam menangani defisit APBD dengan strategi pengendalian belanja daerah secara efektif dan efisien. Juga menggali potensi pendapatan daerah dari berbagai sumber dan berkoordinasi secara intens dengan kementerian keuangan melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Atas defisit yang terjadi karena tidak tersalurkannya Dana Bagi Hasil (DBH) Sumber Daya Alam, pemerintah daerah bersama Dirjen Perimbangan Keuangan akhirnya bisa mengubah simulasi defisit APBD Teluk Bintuni menjadi surplus.

“Berubahnya simulasi defisit menjadi surplus ini, bukanlah sebuah prestasi, tapi bisa dijadikan momentum untuk memastikan bahwa pemerintah daerah mampu menangani tantangan defisit, tanpa harus menggunakan skema pinjaman,” kata Bupati Kasihiw.

Bupati Kasihiw juga memaparkan sejumlah capaian pemerintah daerah pada kinerja mereka dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia, pada indikator-indikator: Angka Melek Huruf yang meningkat sebesar 0,46%, Angka rata-rata lama sekolah yang mengalami peningkatan sebesar 0,18%, Angka Harapan Lama Sekolah sebesar 0,23%, Angka Usia Harapan Hidup sebesar 0,45 tahun, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sedangkan indikator capaian dalam bidang ekonomi, dipaparkan oleh Bupati Kasihiw dengan beberapa peningkatan kinerja, antara lain, Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Berlaku meningkat sebesar Rp2,4 triliun, Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan meningkat, Produk Domestik Regionak Bruto mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 3,57%, Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Berlaku Perkapita meningkat sebesar Rp27,8 juta menjadi sebesar Rp487,4 juta pada tahun 2019, Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (Adhk) perkapita meningkat sebesar Rp7,1 juta, Pengeluaran Per kapita meningkat dari Rp9.622.000 pada tahun 2018, menjadi Rp9.821.000 pada tahun 2019, atau meningkat sebesar Rp199.000.

Sidang paripurna yang diskorsing selama satu hari, dilanjutkan dengan dengar pendapat fraksi-fraksi di DPRD Teluk Bintuni. Tanggapan keseluruhan fraksi yang menerima laporan pertanggung jawab tersebut, diakhiri tanpa nota keberatan sama sekali.

Fraksi Pembangunan Demokrasi Nasional, Fraksi Golkar, Fraksi Persatuan Indonesia, serta Fraksi Nasional Demokrat Bersatu sepakat, bahwa pembangunan serta program dan kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni selama kepemimpinan Petrus Kasihiw dan Matret Kokop, SH telah tepat sasaran yang mengiringi transparansi pengelolaan keuangan yang baik hingga mampu meraih WTP selama 4 tahun berturut-turut.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3141 seconds (0.1#10.140)