Mulyadi Beberkan Tips Aman dari Virus COVID-19 untuk Warga Sumbar

Selasa, 07 April 2020 - 20:32 WIB
Mulyadi Beberkan Tips Aman dari Virus COVID-19 untuk Warga Sumbar
Mulyadi Beberkan Tips Aman dari Virus COVID-19 untuk Warga Sumbar
A A A
PADANG - Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II, Mulyadi, membeberkan tips kepada masyarakat Ranah Minang agar terhindar dari penyebaran virus Corona (COVID-19).

Menurutnya,seluruh lapisan masyarakat dianjurkan mengikuti protokol pencegahan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 yang semakin hari semakin meningkat.

Langkah pertama, kataMulyadi,tetap berada di dalam rumah bila tidak memiliki kepentingan di luar. Jika terpaksa harus keluar rumah, maka dianjurkan untuk terus menggunakan masker agar tidak mudah terpapar virus Corona.

"Bila kita tidak ada kepentingan di luar rumah, sebaiknya tetap di rumah saja. Tapi jika harus keluar, maka sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan masker agar terlindungi dari virus ini," ungkap Mulyadi, Selasa (7/4/2020).

Calon gubernur (cagub) Sumbar ini menambahkan, masyarakat juga dianjurkan untuk memakai masker yang terbuat dari kain agar tidak terjadi kelangkaan masker medis. Di samping ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali, masker kain juga memiliki kemampuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Masyarakat sebaiknya menggunakan masker kain, karena bisa dipakai berkali-kali dan tidak harus beli terus-terusan. Masker medis biarlah tenaga medis kita yang pakai untuk menangani para pasien, akan sulit bila terjadi kelangkaan," ujar pria kelahiran Bukittinggi tersebut.

"Masker kain ini mekiliki batas waktu pemakaian yakni 4 jam, setelah itu harus dicuci menggunakan sabun. Jika sudah kering maka aman untuk dipakai kembali," imbuh Mulyadi.

Anggota Komisi III tersebut menegaskan agar masyarakat menaati anjuran untuk terus memakai masker bila sedang berada di luar rumah. Merujuk pada hasil penelitian terbaru yang dikemukakan oleh WHO dan peneliti dari MIT, jangkauan bersin manusia bisa mencapai jarak 8 meter.

Oleh karenanya,Mulyadi sangat menganjurkan masyarakat Sumbar untuk terus memakai masker.

"Baik WHO dan pemerintah sudah mengeluarkan imbauan agar kita semua memakai masker bila berada di luar rumah, saya sangat berharap kita semua menaati anjuran ini," kata dia.

Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk rajin menjaga kebersihan tangan dan tidak mudah menyentuh bagian wajah. Pasalnya, tangan merupakan media yang paking sering digunakan sehingga rentan terjangkit bakteri atau virus.

"Kebersihan tangan kita harus kita jaga agar kita tidak mudah terserang penyakit. tangan ini adalah media yang paling sering kita pergunakan maka dari itu juga penyebaran penyakit bisa dari tangan," ucapnya.

Di samping itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar ini, mengatakan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan rumah. Apalagi, bila setelah melakukan kegiatan di luar rumah.

"Biasakan ketika pulang ke rumah untuk terus menjaga kebersihan dengan langsung mencuci tangan dan kaki, mandi adalah pilihan yang lebih baik. Baju yang dipakai langsung diganti dengan yang bersih dan baju kotor langsung dijauhkan dari jangkauan orang rumah," tutur Mulyadi.

Terakhir, mantan Wakil Ketua Komisi V DPR RI tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif terlibat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Mulyadi juga telah menyiapkan berbagai bantuan untuk masyarakat di tengah pandemi ini.

Di antaranya adalah bantuan masker, hand sanitizer, sembako dan penyemprotan disinfektan serta APD untuk tenaga medis. Jumlahnya pun mencapai puluhan ribu.

Hal ini dilakukan semata-mata sebagai upaya untuk saling membantu dan menjaga di tengah pandemi yang dari hari ke hari semakin mengkhawatirkan.

(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5613 seconds (0.1#10.140)