4 Peserta Ijtimak Gowa Asal Kaltim Positif Covid-19

Senin, 06 April 2020 - 19:01 WIB
4 Peserta Ijtimak Gowa Asal Kaltim Positif Covid-19
4 Peserta Ijtimak Gowa Asal Kaltim Positif Covid-19
A A A
SAMARINDA - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali bertambah. Penambahan kali ini terbanyak dari klaster Ijtimak Ulama Asia yang dilaksanakan di Gowa, Sulawesi Selatan pertengan Bulan Maret lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak menjelaskan, ada empat pasien terjangkit Covid-19 yang merupakan peserta ijtimak dunia. Keempatnya berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). (Baca: 19 Orang di Kalteng Positif Corona, 2 Kabupaten-1 Kota Masuk Zona Merah)

“Mereka berempat pulang tidak bersama-sama. Satu orang pulang lebih dulu, sehari kemudian baru yang tiga orang,” kata Andi, Senin (6/4/2020).

Andi menjelaskan, pasien pertama merupakan laki-laki 30 tahun. Seusai pulang dari Gowa, pasien sempat memeriksakan diri ke Puskemas karena timbul gejala klinis.

“Dari hasil rapid test keluar hasil negatif,” kata Andi yang juga Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim.

Dari hasil tracing pasien ini, tim gugus tugas menemukan tiga peserta lainnya yang masih remaja. Setelah diuji menggunakan alat rapid test, hasilnya positif.

“Isolasi dilakukan sambil diambil swab untuk uji laboratorium. Hari ini hasil laboratorium dinyatakan positif,” timpal Andi.

Kini tim gugus tugas di Kaltim sedang fokus menelusuri peserta ijtimak dunia. Sebab, menurut perkiraan peserta dari Kaltim mencapai 1.600 orang.

Selain empat pasien terkonfirmasi ini, di Kaltim ada penambahan dua pasien lagi. Sehingga total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga pukul 18.00 Wita hari ini mencapai 31 pasien.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4032 seconds (0.1#10.140)