Spesimen 4 ODP Corona di Sumsel Dikirim ke Litbangkes

Kamis, 26 Maret 2020 - 14:54 WIB
Spesimen 4 ODP Corona di Sumsel Dikirim ke Litbangkes
Spesimen 4 ODP Corona di Sumsel Dikirim ke Litbangkes
A A A
PALEMBANG - Empat orang dalam pemantauan (ODP) virus Coronakeluarga dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dan diketahui positif Corona diambil sampel spesimennya oleh Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona (COVID-19) Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (26/3/2020). Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona Sumsel, Yusri mengatakan, empat ODP yang diambil sampelnya merupakan istri dan anggota keluarga pasien positif corona di Palembang. Keempatnya masuk pada kelompok kontak erat risiko tinggi.


"Iya, hari ini mereka akan diambil sampel spesiemennya, dan dikirim ke Litbangkes Jakarta agar dapat dipastikan apakah juga terpapar Corona atau tidak," katanya.


Yusri menambahkan, empat ODP itu selama ini menjalani isolasi diri di rumah sesuai UU No 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan.

Namun, tetap dalam pengawasan petugas dari Dinas Kesehatan Kota Palembang. Menurutnya, petugas melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan mereka setiap hari sejak anggota keluarga mereka berstatus PDP.

"Sejauh ini kondisi kesehatan mereka sehat. Namun, sesuai SOP maka mereka menjadi diprioritaskan untuk diambil sampelnya.”


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Ayus Astoni, mengatakan sudah melakukan pemantauan terhadap orang yang melakukan kontak erat berisiko dengan pasien positif virus corona itu sejak pasien itu dirawat di Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang.


"14 orang berisiko sudah ditetapkan ODP. Empat orang dari pihak keluarga pasien corona dan 10 orang merupakan tenaga medis," katanya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9991 seconds (0.1#10.140)