Puluhan Turis Penumpang MV Columbus Masih Diisolasi di RSUP dr Kariadi Semarang

Selasa, 17 Maret 2020 - 06:42 WIB
Puluhan Turis Penumpang MV Columbus Masih Diisolasi di RSUP dr Kariadi Semarang
Puluhan Turis Penumpang MV Columbus Masih Diisolasi di RSUP dr Kariadi Semarang
A A A
SEMARANG - Warga negara asing (WNA) penumpang kapal pesiar MV Columbus mendapatkan perawatan isolasi di RSUP dr Kariadi Semarang. Dia masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, hingga kini masih menunggu hasil laboratorium pemeriksaan pasien tersebut. Kondisi pasien itu relatif stabil dan tak menunjukkan gejala klinis terpapar corona.

"Hasilnya (laboratorium) belum ada. Itu enggak (ada gejala klinis)," kata Yulianto kepada awak media, Senin (16/3/2020).

Dia menjelaskan, meski tak ditemukan gejala klinis pada pasien, namun diterapkan kewaspadaan sehingga dimasukkan dalam kategori PDP. Sebab, kapal pesiar yang ditumpangi sebelumnya pernah singgah di negara yang terpapar corona.

"Sebenarnya PDP pun tidak ada gejala-gejala, panas tidak, batuk pilek enggak. Jadi memang enggak muat untuk dimasukkan ke dalam PDP, tapi karena kehati-hatian kita itu dimasukkan PDP," terangnya.

"Ini karena kita hati-hati, maka tidak ada symptom yang mengarah pun dan kita tetep masukkan PDP. Ini bentuk kewaspadaan di Jateng," tegasnya.

Sekadar diketahui, pasien berkewarganegaraan Perancis dengan jenis kelamin perempuan berusia 73 tahun itu datang ke RSUP dr Kariadi pada Jumat 13 Maret. Dia tidak ikut berwisata dan langsung ke rumah sakit setelah kapal pesiar MV Columbus bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Sebelumnya, kapal MV Columbus yang mengangkut 1.044 wisatawan asing diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Mereka dijadwalkan mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Ambarawa, serta Kota Semarang.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8503 seconds (0.1#10.140)