Produk Lokal Bone Bolango Jadi Topik Bincang Kreatif

Sabtu, 14 Maret 2020 - 14:09 WIB
Produk Lokal Bone Bolango Jadi Topik Bincang Kreatif
Produk Lokal Bone Bolango Jadi Topik Bincang Kreatif
A A A
SUWAWA - Bincang kreatif 'Ngopi Pagi' bersama Bupati Bone Bolango dan Jejaring Ekonomi Kreatif di Rumah Dinas Bandhayo membahas produk lokal Kabupaten Bone Bolango berupa miniatur kapal Phinisi yang merupakan kapal tradisional Indonesia, Sabtu (14/03/2020).

Kapal ini diciptakan dari tangan terampil orang Bone Bolango asli Ahnan Hasan. Menurut Ahnan waktu produksi kapal ini memakan 30 hari dengan bahan baku dari limbah kayu mahoni dan layar mengembang dari kain dan seutas tali. Produk ini merupakan produk pertama yang dihasilkan dari tangan kreatif Ahnan.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang juga Ketua Dewan Pembina Komite Ekonomi Kreatif (KEKRAF) Kabupaten Bone Bolango, mengatakan bahwa ini merupakan produk yang luar biasa. Bisa dikolaborasikan dengan jejaring kekraf lainnya, ajak pengrajin kain kerawang untuk pembuatan layarnya & tali layar dibuat dari bahan mintu sehingga kita bisa mengangkat kearifan lokal.

Kapal miniatur Phinisi untuk menunjang ekowisata Taman Nasional Nani Wartabone di Bone Bolango dalam hal pemenuhan kebutuhan wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk sovenir dan oleh-oleh yang akan di bawa pulang ke daerahnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0526 seconds (0.1#10.140)