Bupati Hamim Pou Minta Proyek Pemerintah Segera Dilelang

Sabtu, 14 Maret 2020 - 13:25 WIB
Bupati Hamim Pou Minta Proyek Pemerintah Segera Dilelang
Bupati Hamim Pou Minta Proyek Pemerintah Segera Dilelang
A A A
SUWAWA - Bupati Bone Bolango Hamim Pou memimpin rapat evaluasi kesiapan pengadaan barang dan jasa di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di aula Bappeda-Litbang Bone Bolango, Jumat (13/2/2020).

Rapat evaluasi tersebut diikuti pimpinan OPD yang memiliki kegiatan proyek dan juga para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Pada kesempatan itu, para pimpinan OPD memaparkan perkembangan persiapan dokumen proses pelaksanaan tender maupun lelang pada tiap-tiap kegiatan maupun keproyekan.

Bupati Hamim Pou didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma dan Asisten II Tanwir Ali mengakui betapa lambannya proses pengadaan barang dan jasa. Mestinya Maret 2020 telah selesai.

Padahal menurutnya, penetapan APBD Bone Bolango tepat waktu. Sudah seharusnya Desember 2019 sudah bisa mulai tahapan proses tender maupun lelangnya. Namun hingga bulan ketiga atau bulan Maret 2020 belum ada yang beres.

“Jadi ada tiga bulan waktu yang hilang karena rendahnya perhatian dari pimpinan OPD terhadap proses pengadaan barang dan jasa tersebut,” tegas Bupati Hamim Pou.

Bupati menekankan betapa proyek-proyek pemerintah itu penting. Apalagi Bone Bolango ini 90% masih bergantung di dana transfer. Karena itu, lanjut dia, proyek-proyek pemerintah ini harus segera dilelang dan dikerjakan dengan demikian masyarakat memiliki pekerjaan, sehingga mereka bisa terima gaji maupun upah.

Maka dengan sendirinya ekonomi bisa berputar dari belanja modal yang dikeluarkan oleh pemerintah dari sektor fisik ataupun pengadaan barang dan jasa.

Bupati Hamim menegaskan tidak akan mentolerir lagi terhadap pihak-pihak yang membuat lambannya proses pengadaan barang dan jasa tersebut. ”Saya minta paling lambat pekan depan semua proyek-proyek pemerintah yang ada di OPD-OPD ini sudah siap dilelang. Apalagi OPD yang memiliki proyek-proyek strategis,” tegasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)