Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Warga Banyumas Buru Empon-Empon

Rabu, 04 Maret 2020 - 09:01 WIB
Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Warga Banyumas Buru Empon-Empon
Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Warga Banyumas Buru Empon-Empon
A A A
PURWOKERTO - Pemberitaan virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia ternyata berdampak pada penjualan empon-empon atau rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Banyumas, Jateng.

Empon-empon atau rempah-rempah berupa bumbu tradisonal seperti kayu manis, jahe merah, ketumbar, daun salam hingga sereh diborong warga. Mereka meyakini jika empon-empon ini bisa menjaga stamina tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit, termasuk virus Corona. (Baca juga: Empon-empon Ternyata Berpotensi Cegah Virus Corona)

Seperti yang terjadi di Pasar Wage, Purwokerto. Sejumlah penjual empon-empon sejak pagi sudah dicari-cari warga. Pasalnya, merebaknya virus Corona membuat warga justru ingin kembali menggunakan empon-empon sebagai ramuan minum untuk daya tahan tubuh. (Baca juga: Tips Mencegah Virus Corona ala dr Sonia Wibisono)

Mereka meyakini jika empon-empon ini bisa menjaga stamina tubuh agar terhindar dari penyakit, termasuk virus Corona. Apalagi, di sejumlah media sosial, empon-empon sudah diberitakan bisa meningkatkan daya tubuh. (Baca juga: Konsumsi Saripati Sambiloto untuk Cegah Virus Corona)

Beberapa pembeli mengaku jika membeli empon-empon karena melihat tayangan media sosial. "Apalagi, empon-empon juga merupakan bahan tradisonal yang sudah mereka kenal sejak lama. Sehingga khasiat empon-empon ini sudah tidak diragukan lagi," kata Dawiyah, salah satu pembeli.
(Baca juga: Daya Tahan Kuat Cegah Virus Corona, Minum Kunyit Campur Jahe)

Seorang pembeli lainnya, Mugiyati menuturkan bahwa empon-empon yang dibeli berupa jahe merah, kunir, sereh, ketumbar, jahe emprit dan kayu manis serta daun salam.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1303 seconds (0.1#10.140)