HUT ke-101 Damkar, Kemendagri Apresiasi Kegiatan Skill Competition

Jum'at, 28 Februari 2020 - 20:04 WIB
HUT ke-101 Damkar, Kemendagri Apresiasi Kegiatan Skill Competition
HUT ke-101 Damkar, Kemendagri Apresiasi Kegiatan Skill Competition
A A A
BANTUL - Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) Kemendagri memberikan apresiasi skill competition bagi para petugas pemadam kebakaran (damkar). Tidak hanya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 damkar, namun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh petugas damkar itu sendiri.

Direktur Jenderal Bina Adwil Kemendagri yang diwakili Sekretaris Ditjen Bina Adwil, Nugroho mengatakan, para petugas damkar memiliki posisi yang strategis dan sangat kuat di daerah. Maka dari itu, para petugas damkar sudah saatnya bekerja lebih baik dan profesional.

“Positioning yang dimiliki oleh petugas damkar sangat kuat di daerah, belum terlihat peningkatan yang signifikan. Kami berharap adanya kinerja yang lebih baik tentu dari aspek program maupun anggaran,” kata Nugroho di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (27/2/2020).

Kegiatan skill competition yang dikemas dalam bentuk kompetisi ini sebagai ajang untuk menunjukkan dan menguji keterampilan para petugas damkar. Pada akhirnya, para petugas damkar dapat melayani masyarakat secara cepat. Tentu, keterampilan dan pengetahuan pun menjadi tantangan yang harus dihadapi.

“Petugas damkar akan dapat memadamkan dan mengendalikan api secara cepat jika memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik serta didukung oleh keterampilan seperti skill competition ini,” ujarnya.

Momentum HUT damkar memang menjadi istimewa sebab tidak hanya bicara soal usia yang sudah memasuki ke-101 namun juga peran petugas damkar yang selalu siaga 24 jam. Pemadam kebakaran adalah bentuk representasi negara untuk melindungi rakyatnya.

Untuk informasi, kompetensi pemadam kebakaran dan penyelamatan tidak terlepas dari Permendagri Nomor 16 Tahun 2009 tentang Standar Kualifikasi Aparatur Pemadam Kebakaran di Daerah. Adapun kompetensi tersebut yakni pemadam dan penyelematan, inspektur, penyuluh, instruktur, dan investigator.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6253 seconds (0.1#10.140)