Laznas BMM Kick Off Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang

Jum'at, 28 Februari 2020 - 17:00 WIB
Laznas BMM  Kick Off Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang
Laznas BMM Kick Off Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang
A A A
AMBON - Pasca-bencana gempa bumi berkekuatan 6,8 SR yang menghantam Maluku Tengah pada bulan September 2019 lalu masih menyisakan penderitaan dan duka yang mendalam bagi para korban.
Rumah yang mereka tempati bertahun-tahun hancur, bahkan hingga kini banyak masyarakat yang bertahan hidup di tenda-tenda darurat. Hal tersebut tentunya menyisakan penderitaan dan duka yang mendalam bagi para korban.
Tak hanya rumah yang mereka tinggali, fasilitas umum berupa sarana ibadah dan pendidikan agama seperti masjid dan madrasah/TPA pun hancur dan rusak akibat gempa bumi tersebut.
"Salah satu daerah yang mengalami kerusakan terparah adalah Negeri Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Akibat gempa bumi tersebut, 10 orang meninggal dunia, 108 orang luka berat, 543 rumah dan fasilitas umum rusak berat, 1 masjid dan 3 ruang sekolah rusak," kata Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan di Labuan Barat, Negeri Liang, Salahutu, Maluku Tengah, Jumat (28/2/2020).

Teten mengatakan membangun hunian, masjid dan madrasah adalah pintu masuk membangun program jangka panjang. Yakni menyiapkan sebuah kawasan terpadu yang menjadi model pembangunan masyarakat pasca bencana. Ketersediaan hunian, sarana ibadah dan sarana pendidikan mendorong masyarakat untuk segera pulih dan melanjutkan kehidupan.

Sebagai bentuk tanggungjawab lembaga amil zakat nasional dalam pemanfaatan zakat bagi mustahik, Baitulmaal Muamalat (BMM) menginisiasi sebuah program pemulihan bagi masyarakat terdampak bencana. Program bertajuk “Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang” diciptakan khusus bagi masyarakat terdampak gempa bumi yang tinggal di Negeri Liang, Salahutu, Maluku Tengah.

Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang ini meliputi pembangunan infrastruktur guna meningkatkan standar kesehatan, pendidikan maupun sosial dakwah yang diintegrasikan bersama peningkatan taraf hidup dengan memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar.

Di antaranya dengan membangun 100 unit Rumah Harapan, 1 unit madrasah, 1 unit rumah pendamping serta kegiatan pendampingan oleh dai di tengah masyarakat yang akan diintegrasikan dengan kegiatan pemberdayaan ekonomi.

Nah, kata Teten, dalam rangka memulai pembangunan Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang, BMM mengadakan kegiatan Kick Off Seremoni pada hari Jum’at, (28/02/20) yang berlokasi di RT.14 Labuan Barat, Negeri Liang, Salahutu, Maluku Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan, Ketua Saniri Negeri Liang, Drs. Ahmad Lessy, Babinsa Kec. Salahutu, Sarpudin Rehalat, dan masyarakat Negeri Liang.

Pembangunan infrastruktur Dusun Zakat Muamalat juga melibatkan peran aktif warga dengan bersama bergotong-royong mengerjakan pembangunan. Sehingga tak hanya sekedar mendapatkan bantuan secara fisik, namun masyarakat mendapatkan nilai-nilai kebersamaan yang dapat mereka rasakan dengan adanya kedekatan emosional antarwarga.

Alhamdulillah, hingga saat ini sekitar 490 anggota masyarakat Negeri Liang menjadi penerima manfaat dari program tersebut dan akan kembali hidup bermasyarakat seperti sediakala," sebutnya.

Teten Kustiawan menambahkan, pelaksanaan Program Dusun Zakat Muamalat Negeri Liang merupakan bentuk tanggung jawab BMM atas amanah para muzakki/donatur yang mana mereka tidak hanya menginginkan zakat atau dananya sampai kepada yang berkah melainkan juga berdampak bagi peningkatkan kesejahteraan penerima.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)