alexametrics

Tingkatkan Kualitas Produk, Cak Machfud Rembuk Bareng Pelaku UMKM

loading...
Tingkatkan Kualitas Produk, Cak Machfud Rembuk Bareng Pelaku UMKM
Mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin rembuk bareng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Surabaya. (Ist)
A+ A-
SURABAYA - Mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin rembuk bareng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Surabaya. Cak Machfud merancang berbagai solusi untuk meningkatkan kualitas produk UMKM.

"UKM di Surabaya masih kecil, kami dan para pengusaha akan kerja sama untuk menumbuhkan dan meningkatkan kualitas produk agar UMKM bisa naik kelas dan lebih bisa bersaing," kata Machfud.

Bukan hanya UMKM, Calon Walikota (Cawali) Surabaya tersebut juga membahas solusi untuk pedagang kaki lima (PKL) agar mendapatkan tempat usaha yang layak. Machfud ingin pelaku PKL juga mendapat hak sama dengan pelaku usaha lainnya.



Machfud ingin Surabaya bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembang bagi semua warga, bukan hanya warga urban tapi masyarakat umum secara luas. UMKM, juga disebut bisa menjadi solusi untuk membuka lapangan kerja. Dengan begitu, akan lahir wirausahan-wirausahawan baru yang ikut membangun Kota Surabaya.

Diketahui UMKM Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, UMKM Kota Surabaya masih kalah jauh dari daerah lain Jawa Timur. Tercatat, Surabaya hanya ada sekitar 385.054 ribu. Sementara UMKM Malang mencapai 600.054 ribu bahkan di Jember angka UMKM mencapai 647.416 ribu.

Program Cak Machfud ini mendapatkan respons baik dari para pelaku UMKM. Ketua Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Jawa Timur, Bambang Wahyuono mengatakan memang perlu terobosan untuk meningkat daya saing UMKM Surabaya. "Program ini bagus, bertujuan agar pemasaran produk UMKM lebih kreatif dan menarik agar sesuai dengan tuntutan pasar," sambung Bambang.

Kedua, menurut Bambang, diperlukan regulasi yang ramah terhadap pelaku UMKM. Sebab, kebijakan yang ramah UMKM akan berpengaruh pada pemasaran dan pemasaran produk.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak