alexametrics

Sebuah MTs Modifikasi Katel untuk Perkuat Jaringan Internet di Pangandaran

loading...
Sebuah MTs Modifikasi Katel untuk Perkuat Jaringan Internet di Pangandaran
Keterangan : MTs di Pangandaran Modifikasi Katel Untuk Perkuat Jaringan Signal Internet. foto/SINDOnews/Syamsul Ma'arif
A+ A-
PARIGI - Salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Pangandaran berhasil memodifikasi katel untuk memperkuat jaringan signal internet.

Kreatifitas tersebut diapresiasi Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran saat melakukan kunjungan persiapan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK).

"Jaringan akses internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan di dunia pendidikan," kata Nana.



Kondisi saat ini, jaringan signal internet di Kabupaten Pangandaran belum merata, ada beberapa sekolah yang kondisi daerahnya masih lemah jaringan signal internet.

"Saat kami melakukan kunjungan ke MTs Ma'arif Cimanggu di Kecamatan Langkaplancar ada hal unik yaitu sebuah katel dimodifikasi menjadi alat penguat jaringan signal internet," tambahnya.

Nana menjelaskan, katel tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran pipa yang kemudian dirangkai dengan kabel untuk dudukan modem.

"Alat sederhana tersebut rupanya berhasil menangkap jaringan signal internet dan bisa dimanfaatkan oleh warga Madrasah," papar Nana.

Nana mengimbau kepada Madrasah dibawah naungan Kemenag Pangandaran yang lokasinya berada di daerah jaringan signalnya lemah untuk mencontah MTs Ma'arif Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Inpormatika Statistik dan Persandian Kabupaten Pangandaran Jaja Nurulhuda mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

"Kami sudah lapor ke BAKTI terkait beberapa daerah yang kondisi signal jaringan internetnya lemah," kata Jaja.

Harapan Jaja, laporan tersebut ditindaklanjuti untuk diisi melalui skim USO dari perusahaan operator.

Berdasarkan data, Madrasah dibawah Kemenag Pangandaran terdapat 109 Madrasah, dari 109 Madrasah terdapat 25 Madrasah yang kondisi signal jaringan internet masih lemah.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak