alexametrics

Gempa Bumi Magnitudo 3,3 SR Guncang Karangasem Bali

loading...
Gempa Bumi Magnitudo 3,3 SR Guncang Karangasem Bali
Ilustrasi/Dok SINDOnews
A+ A-
KABUPATEN KARANGASEM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Karangasem, Bali, pad Jumat (14/2/2020) sekitar pukul 17.22.35 WITA.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa terletak pada koordinat 8,31 LS dan 115,99 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km Barat Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa di Karangasem merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs M Taufik Gunawan Dipl SEIS dalam rilis yang diterima SINDOnews.com.

Hingga pukul 17.51 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

(zil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak