Kodam Kerahkan Yonif 125/Simbisa Amankan Rutan yang Dibakar Napi

Rabu, 12 Februari 2020 - 15:32 WIB
Kodam Kerahkan Yonif 125/Simbisa Amankan Rutan yang Dibakar Napi
Kodam Kerahkan Yonif 125/Simbisa Amankan Rutan yang Dibakar Napi
A A A
KABANJAHE - Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan mengerahkan Pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 125/Simbisa untuk membantu pengamanan Rutan Kelas II Kabanjahe (sebelumnya tertulis Lapas Kabanjahe), Tanah Karo, Sumatera Utara yang dibakar narapidana, Rabu (12/2/2020). Panglima Kodam 1/Bukit Barisan Mayjen TNI Sabrar Fadilah mengatakan, pihaknya telah mengerahkan satuan kewilayahan Yonif 125/Simbisa yang kebetulan berkedudukan di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara untuk membantu pengamanan pasca-pembakaran Rutan Kelas II Kabanjahe oleh narapidana. (Baca: Mencekam, Ratusan Napi Mengamuk dan Membakar Ruang Tahanan di Lapas Kabanjahe)

Selain itu juga dikerahkan pasukan Kodim 0205/Tanah Karo untuk membantu pengamanan tersebut. "Ya pasukan jajaran Kodam 1/Bukit Barisan sipatnya memback up pengamanan dari pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Karo," kata mantan Kapuspen TNI ini kepada SINDOnews, Rabu (12/2/2020).

Sementara Kasubag Humas Ditjen Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, saat ini pihaknya tengah konsentrasi melakukan pengendalian serta evakuasi terhadap para tahanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita masih selidiki penyebab kerusuhan di Rutan Kelas II Kabanjahe, namun untuk fokus utama kita saat ini adalah pengendalian dan evakuasi terhadap para tahanan dengan dibantu polisi, TNI dan pemadam kebakaran," ujar Rika.

Dikatakan, Rutan Kelas II Kabanjahe berkapasitan sekitar 193 tahanan, namun saat ini diisi sekitar 400-an. "Laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan ini. Mudah-mudahan semua segera teratasi," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7430 seconds (0.1#10.140)