alexametrics

Banten Siapkan Tim Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Labuan

loading...
Banten Siapkan Tim Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Labuan
Pemprov Banten membentuk tim khusus untuk mendukung Kementerian Perhubungan dalam reaktivasi rute kereta api (KA) Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan. Foto/SINDOnews.dok
A+ A-
SERANG - Pemprov Banten membentuk tim khusus untuk mendukung Kementerian Perhubungan sebagai leading sector pelaksanaan reaktivasi rute kereta api (KA) Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan. Hingga saat ini untuk reaktivasi KA masih tahap pembebasan lahan.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, jika bisa kembali diaktifkan maka akan banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. (Baca juga: Reaktivasi Jalur Kereta Api Bisa Memacu Daya Saing Daerah)
Banten Siapkan Tim Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Labuan

"Karena reaktivasi alur KA Rangkasbitung-Pandeglang bisa meningkatkan kemudahan arus lalu lintas barang dan orang. Tentunya berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat," kata Nana saat Rapat Evaluasi Dampak Sosial Kemasyarakatan terhadap Pembangunan re-Aktivasi Jalur Kereta Api Lintas Rangkasbitung-Pandeglang di Kota Serang, Selasa (11/2/2020)

Dia menjelaskan, Pemprov Banten mendukung penuh reaktivasi jalur KA Rangkasbitung-Pandeglang. Untuk itu Pemprov Banten siap menunjang agar reaktivasi rute kereta api Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan bisa terlaksana dengan baik.



Setelah puluhan tahun mati, lanjut Nana, jalur KA Rangkasbitung-Labuan yang saat ini segera diaktifkan lagi telah berdiri banyak bangunan di atasnya. Saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada warga yang terdampak. "Agar bisa mengerti dan memahami pentingya reaktivasi KA yang merupakan program strategis nasional (PSN) ini," jelasnya.

Diharapkan, reaktivasi rute kereta api Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan maka ke depan akan banyak investor yang masuk ke Pandeglang. Sebagai informasi, di Provinsi Banten terdapat 13 PSN pada 7 sektor dari 227 PSN pada 26 sektor tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Seperti pembangunan 5 jalan tol, pembangunan jalur kereta api, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Asal Sampah, pembangunan dua bendungan, pembangunan KEK Tanjung Lesung dan Wilmar, pembangunan tanggul laut dan percepatan infrastruktur pendukung kawasan pariwisata. Keseluruhan PSN di Banten ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang.

Sementara itu, rencana PSN yang gagal dibangun yakni Bandara Panimbang di Kabupaten Pandeglang yang hingga saat ini tidak ada tindak lanjutnya. "Bandara ini masalah lahan yang enggak ada," kata Kepala Dishub Banten Tri Nurtopo.

Namun yang saat ini kembali mencuat kepermukaan akan di Bangun yaitu Pembangunan Bandara Maja di Kabupaten Lebak milik Lion. " Di Maja bandara khusus punya Lion perencananya sudah ada, bahkan infonya akan di bangun," katanya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak