Waspada Corona, Imigrasi Surabaya Tolak 5 WNA di Bandara Juanda

Senin, 10 Februari 2020 - 20:07 WIB
Waspada Corona, Imigrasi Surabaya Tolak 5 WNA di Bandara Juanda
Waspada Corona, Imigrasi Surabaya Tolak 5 WNA di Bandara Juanda
A A A
SIDOARJO - Upaya pengawasan Warga Negara Asing yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya pasca bertambahnya korban Virus Corona kini terus dilakukan pihak Imigrasi Kelas 1 khusus Surabaya. Tercatat dalam sepekan terakhir ini, Imigrasi Surabaya telah menolak dan mengembalikan lima WNA asal China, Inggris, dan Singapura karena memiliki riwayat perjalanan ke negara China dalam kurun waktu 14 hari sebelum tiba di Bandara Juanda. (Baca: Waspada Virus Corona, Hewan dari Luar Negeri yang masuk Bandara Juanda Diuji Sampel)

Sebanyak tiga warga negara China, satu warga negara Inggris, dan satu warga negara Singapura yang mendarat di Bandara Juanda dengan dua maskapai penerbangan dari Singapura ini ditolak petugas Imigrasi Surabaya saat proses pelaporan paspor di loket paspor Imigrasi di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya.

Kelima WNA ini diketahui pernah berkunjung ke negara China dalam waktu 14 hari terakhir melalui stempel Imigrasi Negara China yang ada di dalam buku paspor.

“Sebanyak lima WNA ini kita tolak sesuai dengan aturan Peraturan Menkumham Nomor 3 tahun 2020, karena mereka diketahui pernah berkunjung ke negara China dalam kurun waktu 14 hari sebelum tiba di Bandara Juanda,” tegas Kabid TIKIM Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Nanang Mustofa.

Menurut Nanang, ketentuan penolakan WNA yang pernah berkunjung ke China ini akan dievaluasi akhir Februari ini, apakah akan diperpanjang atau dihentikan.

“Kita akan evaluasi sambil menunggu Instruksi dari Menteri Hukum dan HAM di Jakarta,” ujar Nanang Mustofa.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7112 seconds (0.1#10.140)