alexametrics

Vonnie Ingin Kelola Potensi SDA Sulut untuk Entaskan Kemiskinan

loading...
Vonnie Ingin Kelola Potensi SDA Sulut untuk Entaskan Kemiskinan
Bupati Minahasa Utara, Vonnie Aneke Panambunan mengungkapkan Sulawesi Utara masih memiliki segudang potensi sumber daya alam (SDA) yang belum dimanfaatkan. Foto/Ist
A+ A-
AIRMADIDI - Bupati Minahasa Utara, Vonnie Aneke Panambunan mengungkapkan Sulawesi Utara (Sulut) masih memiliki segudang potensi sumber daya alam (SDA) yang belum dimanfaatkan. Sehingga berdampak pada tingkat pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi.

"Saya melihat masih banyak sekali orang menganggur dan miskin, padahal Sulut memiliki kekayaan alam yang melimpah. Sulut terlalu kaya, tapi kemiskinan masih tinggi," ungkap Vonnie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/2/2020). (Baca juga: Nelayan di Sulawesi Utara Diminta Waspadai Gelombang 4 Meter)

Data Badan Pusat Statistik (BPS), di Sulawesi Utara hingga November 2019 masih terdapat 75.485 pengangguran atau 6,25%. Sedangkan Kota Manado tercatat sebagai daerah dengan pengangguran terbesar di Sulut. Di Manado sebanyak 21.928 orang masih berstatus sebagai pengangguran. Kemudian diikuti Kota Bitung sebanyak 9.937 pengangguran, Tomohon 4.048 pengangguran dan Kotamobagu 3.544 pengangguran.

Dengan sumber daya alam yang melimpah, Vonnie menilai tidak seharusnya Sulut masih memiliki angka kemiskinan dan pengangguran yang tinggi. Dia optimistis jika potensi kekayaan alam Bumi Nyiur Melambai tersebut dikelola dengan baik dan maksimal, maka akan mampu mengatasi masalah ekonomi.



"Kita punya tambang mas, cengkih, gas alam, kopi, ikan, kelapa dan masih banyak yang lainya. Biar segala sumber daya alam dikelola dengan baik, agar masyarakat bisa menikmatinya bersama," tegasnya.

Oleh sebab itu, dia ingin mengembalikan kekayaan yang dimiliki oleh Sulut kepada seluruh masyarakat agar tidak terjadi ketimpangan sosial, khususnya pengangguran dan kemiskinan. Sehingga kekayaan yang dimiliki Sulut tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak