alexametrics

Tebing Setinggi 30 Meter Longsor, Jalan Cilulumpang Purwakarta Lumpuh

loading...
Tebing Setinggi 30 Meter Longsor, Jalan Cilulumpang Purwakarta Lumpuh
Tebing setinggi 30 meter di RW 3 Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (6/2/2020) longsor.Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A+ A-
PURWAKARTA - Tebing setinggi 30 meter di RW 3 Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (6/2/2020) longsor.

Akibatnya, akses Jalan Ciilulumpang yang masuk dalam kawasan Perum Jasa Tirta II (PJT II) Jatiluhur lumpuh total karena tertutup material longsor.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun SINDOnews di lokasi kejadian, longsornya tebing setelah sebelumnya sempat diguyur hujan. Tebing tidak kuat menahan air, material tanah, dan batu-batu besar sehingga lonsor.



Warga yang menyaksikan longsor mengaku panik. Apalagi, terjadi di pagi hari saat semua wara memulai beraktivitas. “Kami pun sangat khawatir terjadi longsor susulan. Lokasinya tidak begitu jauh dengan terowongan Waduk Jatiluhur,” ungkap Decky warga setempat, Kamis (6/2/2020).

Saat ini, akses jalan menuju lokasi longsor ditutup sehingga warga yang berdomisili di sekitar longsorn harus memilih jalan memutar untuk keluar masuk kampung. Mereka berharap material longsor yang menutupi jalan sepanjang 10 meter itu segera ditangani.

Sementara itu, Kamis (6/2/2020) dini hari Sungai Ciherang meluap dan merendam 24 rumah di Kampung Situ Jaya RT 12/06 dan RT 07/04 Desa Gurudug, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta.

Satu pabrik tahu yang berlokasi tidak jauh dari bantaran sungai pun ikut terendam. Derasnya hujan yang mengguyur sejak sore hingga malam tadi membuat sungai tak bisa menampung debit air yang besar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB), Wahyu Wibosono mengungkapkan, ketinggian air di permukiman warga mencapai 50 cm. Sampai siang ini sebagian sudah mulai surut dan pihaknya sudah melakukan penanganan.
(zil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak