Khas Sidoarjo yang Dibuat Cara Melayu dengan Cita Rasa Gurih Menggoda

Minggu, 02 Februari 2020 - 14:37 WIB
Khas Sidoarjo yang Dibuat Cara Melayu dengan Cita Rasa Gurih Menggoda
Khas Sidoarjo yang Dibuat Cara Melayu dengan Cita Rasa Gurih Menggoda
A A A
Bagi warga Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), kenikmatan kopi tetek tidak diragukan lagi. Minuman khas Sidoarjo itu, banyak dicari penikmat kopi khususnya saat hujan tiba.

Sambil kongkow-kongkow bersama keluarga, kerabat, atau teman, minuman kopi menjadi salah satu menu wajib yang banyak dicari di Sidoarjo.

Dilihat dari bentuk dan warnanya, kopi tetek hampir sama dengan kopi susu pada umumnya. Namun jika ditinjau dari rasanya, kopi tetek ini terasa lebih gurih dan hangat saat diminum.

Selain itu, cara pembuatan kopi tetek ini juga berbeda dibanding dengan kopi biasanya. Menggunakan bahan baku kopi robusta asli asal Makassar yang belum digiling, diseduh serta disaring secara tradisional ala Melayu.

Bahan, baku kopi yang akan disajikan dalam kopi tetek ini masih berupa biji kopi asli. Kemudian digiling dan dimasak langsung untuk diseduh dan disajikan dengan tambahan susu kental dan pemanis gula merah, sehingga menambah rasa makin nikmat.

Rouf, salah satu penikmat kopi tetek, mengaku awalnya penasaran mencoba minum kopi tetek dari namanya. "Saya sudah lama dengar soal kopi tetek, tapi belum sempat mencoba. Karena penasaran, akhirnya saya cobain, ternyata rasanya gurih dan hangat," tutur Rouf.

Senada dengan Rouf, Tyas salah seorang pecinta kopi mengatakan, selain suka dengan rasa kopi tetek, dia tertarik dengan cara penyajiannya yang unik. "Cara penyajiannya tidak seperti kopi pada umumnya, unik dan enak sesuai rasanya," kata Tyas.

Sementara Happy Andre, barista alias pembuat kopi tetek mengatakan, tidak begitu tahu kenapa dinamakan kopi tetek. "Mungkin karena...........," ujar Happy Andre sambil tersenyum penuh arti.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3719 seconds (0.1#10.140)