alexametrics

Tanggal 24-25 Januari DKI, Jabar dan Jateng Status Siaga, BMKG Imbau Waspada Bencana

loading...
Tanggal 24-25 Januari DKI, Jabar dan Jateng Status Siaga, BMKG Imbau Waspada Bencana
Ilustrasi/Dok SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis pemutakhiran data potensi hujan deras disertai petir di Pulau Jawa dan Sumatera pada tanggal 24-29 Januari 2020.

Sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020, menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. Kedua faktor tersebut, menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.



Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas deras disertai kilat/petir pada tanggal 24-26 Januari 2020 berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua.

Periode tanggal 27-29 Januari 2020 terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan deras, status SIAGA potensi banjir/genangan pada tanggal 24-25 Januari 2020 di wilayah DKI Jakarta ( SIAGA ), Jawa Barat ( SIAGA ), Jawa Tengah ( SIAGA ), Sulawesi Tengah ( SIAGA), Sulawesi Barat ( SIAGA).

"Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs R Mulyono R Prabowo MSc dalam rilis yang diterima SINDOnews.com.
(zil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak