alexametrics

Antisipasi Virus Corona, Bandara Sam Ratulangi Manado Perketat Pengawasan

loading...
Antisipasi Virus Corona, Bandara Sam Ratulangi Manado Perketat Pengawasan
Setiap wisatawan yang baru tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado harus melewati dulu pemeriksaan thermal scanner. Foto/Humas Bandara Sam Ratulangi
A+ A-
MANADO - Mengantisipasi adanya virus Wuhan yakni jenis baru dari coronavirus atau virus corona yang menyebabkan kematian, Bandara Sam Ratulangi Manado memperketat pemeriksaaan setiap kedatangan wisatawan begitu dari China melalui thermal scanner (pemindai suhu). (Baca: Waspadai Virus Corona, Bandara Juanda Awasi Penumpang dari China dan Hong Kong)

“Kami selalu koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Di Bandara KKP telah memasang alat thermal scanner untuk memantau suhu tubuh penumpang internasional khususnya dari China yang tiba di Bandara Sam Ratulangi,” kata Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Angga Maruli, Kamis (23/1/2020).

Menurut Angga, jika ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38,1 derajat celcius maka akan dibawa ke ruangan KKP untuk penanganan lanjut.



Thermal Scanner yang terpasang, kata Angga, bisa mendeteksi salah satu gejala berupa demam/suhu tinggi pada setiap pelaku perjalanan internasional.

Upaya itu ini dilakukan mengacu pada surat edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan, yang dilakukan setiap hari dalam rangka deteksi, pencegahan dan respon kemungkinan masuknya Pneumoni Berat (yang belum diketahui penyebabnya). Pencegahan dilakukan bersama dengan kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Manado.

“Selain itu jika ada informasi penumpang yang membawa bahan makanan dalam barang bawaannya akan dilakukan pengecekan oleh Balai Karantina,”pungkasnya.

Diketahui seperti diberitakan sebelumnya, antusiasme turis asal Tiongkok untuk berwisata ke Sulawesi Utara (Sulut) tidak surut, bahkan selalu meningkat. BPS Provinsi Sulut mencatat secara kumulatif kunjungan wisman ke Sulut sebanyak 118.844 orang pada Januari 2019-November 2019. Pencapaian itu naik 4,96% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang periode itu, kunjungan wisman asal Tiongkok juga mendominasi sebanyak 105.738 orang. Adapun pelancong asal Jerman menempati posisi kedua dengan 2.158 orang, kemudian disusul turis Amerika Serikat sebanyak 1.529 orang.

Bahkan Imigrasi TPI I Manado mencatat, sepanjang 2019 sebanyak 116.144 turis Tiongkok masuk ke Sulut melalui Bandara Sam Ratulangi atau meningkat 8,5% dibandingkan tahun 2018.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak