alexametrics

BPCB Teliti Bebatuan Struktur Candi yang Ditemukan di Dieng

loading...
BPCB Teliti Bebatuan Struktur Candi yang Ditemukan di Dieng
Foto/Dok/UPT Pariwisata Dieng
A+ A-
BANJARNEGARA - Terkait adanya penemuan bebatuan yang di duga struktur candi di lahan milik warga Dieng Kulon Banjarnegara, Jawa Tengah, Balai Pelestari Cagar Budaya ( BPCB ) Jawa Tengah akan melakukan penelitian pada Selasa di lokasi temuan. Hal tersebut di sampaikan oleh Juru Pelihara BPCB Dieng Tusar.

"Terkait adanya penemuan candi ini sudah kami sampaikan ke kantor , dan rencananya besok Selasa ( 21/1) tim dari Jogjakarta akan meluncur ke lokasi Dieng untuk melakukan penelitian dan pemeriksaan di area lokasi temuan bebatuan candi," jelas Tusar.

Area Temuan bebatuan yang di duga candi ini di temukan warga saat melakukan pembangunan septic tank di lokasi tanah bekas lahan pertanian milik warga yang saat ini sedang di bangun rumah budaya Dieng, batu candi ini di temukan pada kedalaman 1 meter penggalian. Lokasi temuan berjarak 50 meter dari area musium benda purbakala Kailasa Dieng.



Penemuan bebatuan yang di duga mirip candi ini juga di benarkan oleh kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata Banjarnegara Aryadi, temuan bebatuan ini di harapkan mampu menjadi tambahan daya tarik Dieng ke depan .

"Memang benar ada temuan candi di salah satu lahan pertanian milik warga , kami sudah berkoordinasi dengan BPCB untuk melakukan langkah ke depannya, tapi kami harap ini bisa menjadi daya tari Dieng nantinya," jelas Aryadi.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak