alexametrics

Jayapura Diguncang Gempa Dua Kali, BNPB: Tidak Berpotensi Tsunami

loading...
Jayapura Diguncang Gempa Dua Kali, BNPB: Tidak Berpotensi Tsunami
Kabupaten Jayapura, Papua dua kali diguncang gempa bumi. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa akibat gempa tersebut. Foto/BMKG
A+ A-
JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.3 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada 18 Januari 2020.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan, gempa terjadi pada pukul 23. 38 WIB. Lokasi gempa berada di posisi 2.71 LS, 139.64 BT dengan kedalaman 56 Km. Kekuatan gempabumi dikoreksi menjadi 6.1 SR dengan kedalamam 53 km dan tidak berpotensi tsunami.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo menyatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) gempa terasa kuat dirasakan selama 4-6 detik di Kabupaten Jayapura. ”Sejauh ini belum ada laporan terkait kerusakan. TRC BPBD Kabupaten Jayapura sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” katanya, Minggu (19/1/2020).



Selain di Kabupaten Jayapura, kata dia, gempa juga dirasakan masyarakat Kabupaten Sarmi selama ± 3 detik. Warga yang panik kemudian keluar rumah untuk mencari tempat yang aman. Hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan. ”Gempa tidak terasa di Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Keerom. Di dua kabupaten tersebut semuanya kondusif,” ucapnya.

Tidak berselang lama, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, kembali diguncang gempa bumi susulan berkekuatan Magnitudo 4,4 SR yang terjadi pukul 00.17 WIB, Minggu (19/1/2020).
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak