alexametrics

Banjarnegara Rawan Longsor, BPBD Pasang Alat EWS untuk Cegah Korban Jiwa

loading...
Banjarnegara Rawan Longsor, BPBD Pasang Alat EWS untuk Cegah Korban Jiwa
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara memasang peralatan Early Warning Sistem (EWS) atau peringatan dini terhadap bencana tanah longsor. iNewsTV/Elis Novit
A+ A-
BANJARNEGARA - Untuk mencegah jatuh korban jiwa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara memasang peralatan Early Warning Sistem (EWS) atau peringatan dini terhadap bencana tanah longsor.

Peralatan EWS dipasang di daerah rawan pergerakan tanah dan longsor, salah satunya di Dusun Gumelar , RT 02/RW 03, Desa Sirongge, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Satu tahun lalu masyarakat di daerah tersebut sebagain besar diungsikan sementara karena di atas bukit terjadi retakan tanah.

Lokasi ini juga berpotensi dampak pergerakan tanah lebih kurang 10 hektare , terdiri dari sawah, kebun, hutan Pinus, jalan desa, dan terdapat 62 rumah penduduk, dihuni 62 keluarga terdiri dari 576 jiwa. Desa Sirongge memiliki riwayat dan memiliki potensi bencana tanah longsor dengan tipe rayapan atau pergerakan tanah yang dipengaruhi faktor kemiringan tanah, curah hujan, dan tekstur tanah.



"Kami memilih lokasi yang rawan dengan pergerakan tanah, salah satunya Desa Sirongge yang memiliki potensi bencana longsor dengan tipe rayapan," jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Banjarnegara, Andri Sulistyo, Sabtu (11/1/2020).

Pemasangan alat deteksi ini sangat dibutuhkan masyarakat sebagai upaya pencegahan dini, sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan korban jiwa. Masyarakat pun diberikan sosialisasi tentang ancaman yang terjadi, tanda-tanda longsor, dan dilakukan simulasi mandiri.

Saat pemasangan EWS, BPBD juga mengajak anggota Kodim 0704 Banjarnegara, tokoh masyarakat, dan Ormas Desa Tangguh Bencana Desa Sirongge. Dengan alat EWS yang dikembangkan ini, BPBD berharap desa-desa yang rawan longsor mampu membeli dengan anggaran desa.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak