Pangdam IV/Diponegoro Gelorakan Semangat Patriotik Pangeran Diponegoro

Rabu, 08 Januari 2020 - 15:50 WIB
Pangdam IV/Diponegoro Gelorakan Semangat Patriotik Pangeran Diponegoro
Pangdam IV/Diponegoro Gelorakan Semangat Patriotik Pangeran Diponegoro
A A A
MAGELANG - Dalam catatan sejarah Pangeran Diponegoro merupakan sosok pahlawan yang gigih untuk meraih kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Indonesia terutama rakyat Jawa.

Meski terlahir dari keluarga Keraton Yogyakarta Hadiningrat , putra dari Hamengku Buwono III ini menolak untuk dijadikan raja dan dan memilih hidup sebagai rakyat biasa untuk bersama-sama berjuang melawan penjajah. (Baca juga: Misteri Alquran Tulisan Tangan Pangeran Diponegoro)

"Pangeran Diponegoro adalah sosok yang tidak haus jabatan, rendah hati dan merakyat," kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi mengawali sambutannya pada acara Haul ke-3 Pangeran Diponegoro di Gedung Museum BPK, Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2020).

Lebih lanjut diungkapkan, bahwa sifat lain Pangeran Diponegoro yang patut diteladani adalah sifat rela berkorban dan pantang menyerah demi kepentingan masyarakat dan bangsa. (Baca juga: Kiai Nursalim, Pengikut Diponegoro yang Dikubur Hidup-hidup di Ngawi)

Pangdam berharap, melalui acara Haul Pangeran Diponegoro yang ke-3 kali ini dapat dijadikan momentum untuk menggelorakan kembali semangat patriotik, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sebagaimana yang dicontohkan Pangeran Diponegoro.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5753 seconds (0.1#10.140)