alexametrics

Pangdam IV/Diponegoro Gelorakan Semangat Patriotik Pangeran Diponegoro

loading...
Pangdam IV/Diponegoro Gelorakan Semangat Patriotik Pangeran Diponegoro
Haul ke-3 Pangeran Diponegoro di Gedung Museum BPK, Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2020). Foto/Dok Pendam IV/Diponegoro
A+ A-
MAGELANG - Dalam catatan sejarah Pangeran Diponegoro merupakan sosok pahlawan yang gigih untuk meraih kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Indonesia terutama rakyat Jawa.

Meski terlahir dari keluarga Keraton Yogyakarta Hadiningrat, putra dari Hamengku Buwono III ini menolak untuk dijadikan raja dan dan memilih hidup sebagai rakyat biasa untuk bersama-sama berjuang melawan penjajah. (Baca juga: Misteri Alquran Tulisan Tangan Pangeran Diponegoro)

"Pangeran Diponegoro adalah sosok yang tidak haus jabatan, rendah hati dan merakyat," kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi mengawali sambutannya pada acara Haul ke-3 Pangeran Diponegoro di Gedung Museum BPK, Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2020).



Lebih lanjut diungkapkan, bahwa sifat lain Pangeran Diponegoro yang patut diteladani adalah sifat rela berkorban dan pantang menyerah demi kepentingan masyarakat dan bangsa. (Baca juga: Kiai Nursalim, Pengikut Diponegoro yang Dikubur Hidup-hidup di Ngawi)

Pangdam berharap, melalui acara Haul Pangeran Diponegoro yang ke-3 kali ini dapat dijadikan momentum untuk menggelorakan kembali semangat patriotik, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sebagaimana yang dicontohkan Pangeran Diponegoro.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak