Akses Jalan Terputus, Kapolda Banten Kirim Logistik Pakai Helikopter

Minggu, 05 Januari 2020 - 05:12 WIB
Akses Jalan Terputus, Kapolda Banten Kirim Logistik Pakai Helikopter
Akses Jalan Terputus, Kapolda Banten Kirim Logistik Pakai Helikopter
A A A
LEBAK - Hari keempat pasca bencana banjir bandang yang menerjang Kabupaten Lebak, Banten ternyata masih ada daerah yang masih belum dapat ditembus melalui jalur darat. Penyebabnya karena ada jembatan yang terputus dan terdapat titik longsor akibat banjir bandang pada Rabu 1 Januari 2020.

Guna mempercepat distribusi, Polda Banten mengerahkan satu unit helikopter yang membawa logistik menuju empat kampung di Desa Muara Gedong, Kecamatan Lebak Gedong yang terisolir.

"Untuk bisa membawa bantuan kesulitan, dimana jembatan-jembatan gantung putus. Kemudian ada 13 titik longsor arah sana. Hari ini TNI-Polri kita dibantu dari Polairu mencoba untuk menerbangkan (mengirim) sembako ke sana," ujar Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir kepada wartawan, Sabtu (4/1/2020).

Dikatakan Tomsi, helikopter akan disiagakan hingga bantuan logistik di kampung-kampung yang terisolir dirasa cukup memiliki stok logistik baik sembako, selimut dan yang lain sesuai kebutuhan sebanyak 3.000 jiwa.

"Heli standby di sini sampai memungkinkan stok di sana (empat kampung) sudah cukup. Kita sangat memprihatinkan kebutuhan di sana," ucap Tomsi.

Jenderal bintang dua itu menambahkan bahwa dalam sekali terbang helikopter dapat membawa logistik seberat 300 kilogram. Namun, dalam sehari heli dapat terbang dua hingga tiga kali melihat kondisi cuaca.

"Kita upayakan semaksimal mungkin setiap harinya. Jadi, begitu cuaca bagus kirim, cuaca bagus kirim mengingat cuaca tidak menentu," kata Tomsi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0704 seconds (0.1#10.140)